Etika Pengemudi Kendaraan

Seringkah anda melabeli seseorang adalah pengemudi ugal-ugalan. Mengebut di jalan raya umum tanpa memikirkan nyawa sendiri apalagi orang lain. Serasa jalanan ini adalah milik pribadi dan orang lain hanya menumpang. Lihatlah jalanan di Indonesia, sungguh penuh dengan pengemudi seperti itu. Pengemudi yang tidak tahu etika mengemudi yang baik.
Para pengemudi-nya dipastikan tidak mengenal apa yang namanya hukum Newton, bahwa sebuah kendaraan tidak dapat berhenti seketika saat itu juga. Tapi lihat lah di jalan, sebuah kendaraan dengan kecepatan tinggi 60KMph baru melakukan pengereman pada jarak 10M di belakang kendaraan di depannya… atau sama dengan perlambatan 6KMph … sungguh luar biasa. Sudah sangat banyak korban dari pengemudi ‘ugal-ugalan’ ini, salah satunya adalah peristiwa minggu lalu dimana sebuah kendaraan travel terjun ke jurang hingga menewaskan seluruh penumpangnya.
Bila dilihat semuanya ini bermula dari saat cara mendapatkan Surat Ijin Mengemudi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa acara pembuatan SIM merupakan salah satu “lahan basah” bagi para oknum. Akibat dari ulah mereka, banyak pengemudi yang lolos tanpa melalui tes tertulis maupun lisan, yang kalaupun ada hanya bersifat simbolis, sehingga pengemudi-pengemudi itu tidak akan pernah belajar bagaimana etika mengemudi yang baik.
Namun juga perlu dilihat karakteristik manusia yang cenderung tidak mau mengalah. Seperti kejadian tadi malam saat saya pulang kantor. Malam tadi di persimpangan pejompongan keadaan lalu lintas sudah mulai macet dan padat. Dengan melihat kondisi macet ini saya dan rekan kemudian menyeberang jalan dengan posisi memotong kemacetan tersebut. Namun entah mengapa sebuah mobil yang tadinya berjalan lambat di belakang antrian tiba-tiba menambah kecepatannya, sepertinya takut diserobot karena akibat kami menyeberang ada jarak yang lumayan antara dia dan mobil lainnya, serta membuat kami kaget dan akhirnya membatalkan niat untuk menyeberang jalan.
Hmmm.. sudah seharusnya rasa mengalah dan respect terhadap sesama ditanamkan kepada jiwa manusia Indonesia…

4 Comments

  • 23 July 2005 - 3:24 am | Permalink

    Sometimes, kita mengeluh kalau merasa ‘sebal’ atau ‘diganggu’ oleh orang lain, akan tetapi kadang kita tidak menyadari tindakan kita yang ‘mungkin’ mengganggu orang lain juga

    merujuk kesini

  • 27 July 2005 - 10:59 am | Permalink

    Itu namanya egois 😀

  • 16 April 2008 - 4:21 pm | Permalink

    please visit http://www.JalanRaya.net 🙂

  • 4 May 2010 - 9:41 am | Permalink

    ————–Driver ( Pengemudi )————-
    Anda butuh DRIVER BERPENGALAMAN & BERPENGETAHUAN LUAS TENTANG PERBENGKELAN u/ Wilayah wilayah JABODETABEK ? Hub. SITOHANG N0. Tlp/ Hp 08176458323 & 02191177331. Terima Kasih atas perhatiannya

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *