Bogor Medical Center

Seminggu ini Audin sudah sakit diare. Dua hari ini bahkan saya sengaja mengambil waktu ijin tidak masuk kantor hanya untuk membantu istri yang mulai kewalahan dengan keadaan Audin.
Hari selasa sore, saya dan istri akhirnya membawa Audin berobat ke Dr. Suminta yang saat itu praktek di RSIA Hermina Bogor langganan kami. Sebagai informasi, dokter yang satu ini adalah juga merupakan salah satu dokter saya juga dahulu. Kebayang kan sudah seberapa tuanya dokter ini 🙂
Uyut Suminta kemudian meminta Audin di tes feses dan darah. Untuk tes darah dapat dilakukan saat itu juga sementara untuk feses tidak bisa karena harus diambil saat Audin tidak mengenakan kain pampers. Pak Dokter kemudian hanya memberikan resep Pedyalite beberapa botol.
Sampel feses Audin baru bisa kami peroleh pada rabu sore-nya. Setelah hasil lab selesai kami mencoba menghubungi Pak Dokter di rumahnya dan diperoleh informasi bahwa beliau praktek di Bogor Medical Center (BMC). Segera saja saya menghubungi BMC untuk melakukan registrasi.
Sampai di BMC… komentar pertama yang keluar, gedungnya wah.. mewah betul. Saat masuk yang terpikir kemudian adalah.. kok mirip hotel yak .. hehe. Para pegawai front-nya menggunakan pakaian berwarna merah yang jauh dari kesan pegawai rumah sakit. Melakukan registrasi sebentar dan kemudian dirujuk untuk menuju poliklinik. Yah… BMC adalah rumah sakit umum dan bukan rumah sakit khusus ibu dan anak seperti Hermina.
Audin kemudian ditimbang… hmm.. masih menggunakan timbangan analog. Namun karena rewel Audin ditimbang beserta saya dan kemudian saya ditimbang sendiri. Entah mengapa suster salah menghitung berat badan Audin sampai saya meminta timbang ulang… ingat, kemarin Audin baru saja ditimbang di Hermina menggunakan timbangan digital.
Karena uyut Suminta masih “visit” pasien di ruang rawat inap, saya sempat mencicipi ruang musholla-nya BMC. Sungguh sangat kecil. Terletak di sebelah lift dan bila menilik-nilik ukurannya sepertinya ruangan ini mungkin rencana awalnya adalah lift kedua tapi kemudian dibatalkan dan dijadikan musholla. Hmmm.. mungkin di tempat lain ada musholla yang lebih besar lagi.. mudah-mudahan.
Setelah memindahkan ruangan periksa dari ruang 6 ke ruang 1 akhirnya kami masuk ke ruang periksa. Menyerahkan hasil lab dan ngobrol-ngobrol sedikit. Saya sempat memperhatikan adanya sebuah PC di ruangan tersebut. Agak bertanya-tanya juga karena bukankan ruangan periksa harusnya steril? Bagaimana sebuah PC disterilisasi di ruangan itu ya? Dan sepertinya pun jarang digunakan oleh para dokter. Yang pasti sih uyut Suminta tidak mempergunakannya 🙂
Apotik dan proses pembayaran… mmm.. sama saja dengan rumah sakit – rumah sakit lainnya.

Pada akhirnya saya hanya dapat berkomentar bahwa untuk wilayah Bogor, BMC memang rumah sakit umum dengan konsep modern yang jauh lebih baik dari RS PMI Bogor ataupun RS Karya Bakti. Ini semua dilihat dari segi kebersihan, kerapihan tata administrasi dan keunikan seragam. Untuk RS Azra belum bisa memberi komentar karena belum pernah (mudah-mudahan tidak pernah) menjadi pasien di sana. Sedangkan untuk rumah sakit khusus anak sepertinya belum ada yang menyaingi RSIA Hermina deh.

97 Comments

  • laura&anton
    31 March 2009 - 2:52 pm | Permalink

    assalamualikum, saya anton dan istri saya laura
    kami sering ke BMC, subhanallah sangat bagus sekali rumah itu!apalagi dr2 nya banyak yg senior!! ada dr.hendro,dr.joko,dan dr.yg cukup ternama alias masyhur dr.agil salim bagian bedah!kami mendengar datang ke BMC karena beliu, kami mendengar dari banyak orang di jakarta bahwa hasil oprasi dr.agil salim ini sangat rapih!&beliu juga sering menjadi dosen bedah di bebrapa univarsitas ternama di jakarta!,ternyata benar dia baik ramah,islami,dan yg penting hasil kerjanya memuaskan!!khusuny

  • karlina agustin
    31 March 2009 - 3:05 pm | Permalink

    waooooooooooooooooooooooooo bmc bagusnya, syukur deh di bogor ada hospital sebagus bmc!
    deket dan bagus banget! secara gue nganter sepupu gue oprasi besar di situ ,yg ngoprasi tuh dr.agil salim,ya ilah oprasi besar kudu ama dr.yg senior lah;)keluarga besar gue mau ngucapi terimakasih sebanyak2 kpd dr.agil salim,bagian bedah,Dok maksih, pak dokter luar biasa!semoga tuhan menjagamu pak dokter agil. -kel besar irwanto-karulina agustin-

  • kokalin
    31 March 2009 - 3:08 pm | Permalink

    gue ketemu banyak artis ke BMC heheh,gue ketemu si artis arab nabila sakib

  • oner of cain cmpny grop hamburg
    31 March 2009 - 3:26 pm | Permalink

    halo,aku shirin dan suamiku ridwan, setelah aku baca lembar ini tentang bmc aku seneng banget karena bmc baru tapi udah bisa menarik perhatian banyak orang, hanya aku kecewa saat baca ada orang sejahat itu yg mau ngehancurin nama baik dokter2,apalagi dokter sebaik dr.agil!siapa sih yg gk tau dr agil dan hasil kerjanya!?beliu bukan hanya 1thn atau 10 thn baru jadi dr beliu udah beken dan hasil kerjanya tdk diragukan lagi!apalagi akhlaknya,beliu sangat sopan kepda pasenya!saya sekeluarga besar kami dari dulu ke dr.agil,sampe2 kel mantan mentri luar negri alm.ali alatas yg dari belanda khusus ke indo untuk periksa ama dr.agil,ada pun banyak pejabat2 DPR RI maupun gubnur,walikota-walikota sejauh pengetahuanku sudah berlangganan ke bliu!karena selain hasil kerjanya yg bagus orangnya pun baik!dan tdk sombong biar pun sudah sangat terkenal!dr.agil ,mhn tdk usah dihiraukan komentar yg kejam dan tdk layak itu,saya yakin itu segelintir orang yg punya penyakit hati dan iri pd dr.agil. -shirin&ridwan(GERMAN)-

  • Legowo
    31 March 2009 - 5:02 pm | Permalink

    Kami sekeluarga sangat bersyukur adanya RS. BMC sebagai rumah sakit alternatif pilihan jika kami membutuhkan. Selama ini pelayanan yang kami rasakan baik memang kadang kala dokter datang telat di jam praktek namun hal tersebut sering kali kami alami di rumah sakit lain… mungkin dikarenakan kesibukan dokter yang berpraktek dibeberapa rumah sakit mungkin peraturan tentang berapa tempat praktek yang dapat dijalankan oleh seorang dokter yang diperjelas… Namu saya sangat menyayangkan adanya beberapa komentar yang beberapa nama baik dokter di sini tanpa jelas kebenarannya. Saya dan keluarga sangat mengenal Dr. Agil dan Dr. Agus taolin yang sangat banyak membantu keluarga saya, bahkan dr. Agus yang saya tau sering membatu tidak mau dibayar untuk pasen yg tidak mampu. Mohon tidak mengumbar hal personal di rubrik ini dan dapat diselesaikan secara personal pula dengan lebih baik.

  • SUGIH SH
    1 April 2009 - 2:45 pm | Permalink

    INFO SJ..BAHWA TINDAKAN PREMANISME YG DILAKUKAN OLEH DR.GIANA HANUM,SPOG & BAMBANG CS TLH BERSALAH MELAKUKAN TINDAK PIDANA KPD SUAMI ARTIS SARAH VI YG TDK LAIN JG ANAK SESAMA KOLEGA YT,DR DR.AGIL SALIM..HUKUM DAN ALLAH TLH MEMBUKTIKANNYA..BRAVO PN BGR

  • Mr. Comment
    5 April 2009 - 12:49 am | Permalink

    Pantat nih Ghani Purwo, disini khusus comment bung sm Dr Agil yg brengsek n’ smua dokter dah.. ngapa lo jadi ngelamar disitu, bodoh bgt lo, mendingan lo jd pembantu gw aja dsni, lo emang mw ikut”tan jd brengsek.. sekalian aja seluruh staf Bogor Medical Center Bangsat, emang dahsyat, kaki gw buntung nih udh terjadi mall praktek disana, dsr ideot.. Pantek lagadang, dsr diRs ini pasti banyak penjahat kelamin, jablay,

  • dinda
    13 April 2009 - 4:24 pm | Permalink

    saya ingin rumah sakit bmc menampilkan gambaran rumah sakit minimal tentang profil bmc agar kami bisa lebih dalam mengenal rumah sakit bmc….

    thankz

  • Sutrisno
    16 April 2009 - 7:49 pm | Permalink

    AlhAMDULILLAH di kota tercinta kita ini ada Rs.BMC dgn standard pelayanan diatas rata2 tanpa melupakan kelas bawah..rata2 individu yg datang mengatakan puas..

  • tha
    5 May 2009 - 11:24 am | Permalink

    Saya sekeluarga sering ke BMC, awalnya anak saya yg kecil pernah dirawat disana jadi kakaknya, ayah saya, adik juga saya sendiri ikut berobat kesana. Emang sedikit lumayan mahal sieh, tapi kepuasan dan kenyamanan yang kami dapat. Tapi kalo dibanding2 sie tarif2 untuk pelayanannya ga terlalu begitu jauh dgn RS yg lain, ya lebih mahal sedikit tapi waktu dan informasi yg kita dapatkan lebih cepat. Gitu….

  • AS
    5 May 2009 - 3:51 pm | Permalink

    fasilitas di BMC cukup bgs di atas rata2 RS lain di Bogor, btw pelayanannya yg krng!
    apa lg suster2 di polinya krng sadar tugas mereka HANYA ‘melayani pasien’ bkn yg lain2!!!tksh

  • Ana
    7 May 2009 - 9:20 pm | Permalink

    Sy belum pernah sih ke BMC tp pernah jenguk anak rekan kerja saya. Ok jg sih dgn gedung yang modern perawat yang cantik. kalo saya lihat di daftar nama dokternya ada beberapa yang sudah berpengalaman. Sy kenal dr. Agus orangnya sopan dan ramah ms sih spt itu sptnya tdk mungkin krn sy sering berobat jg di rmh sakit yg lain.wh kl nulis hati-hati dg kl tidak dapat dibuktikan kebenarannya. istrinya aja kali yg genit tuh.

  • harry rivain (harry tual sma xi)
    24 May 2009 - 4:43 pm | Permalink

    Aslkmwrwb pak dokter ibu dokter , teruskan pelayanan dan pengabdian pasti menjadi sempurna bagaimanapun sudah memulai , kebetulan lihat buku alumni ingat jaman dulu ya bu dokter , trims kita batalyon 17 selamat
    nanny maryam sempat bertemu beberapa tahun lalu di rumah anggy/aka , bila mau umroh/haji lagi silahkan kontak kami wblhitfqwhdyh wslmkm
    wrwb

  • mom n fams
    25 May 2009 - 4:16 pm | Permalink

    BMC sudah memiliki citra baik di masyarakat.Saya dan keluarga adalah pasien BMC sejak lama.Tapi saya merasa kecewa membaca pada journal ini yang di jadikan wahana bertengkar memperebutkan sesuatu yg tdk jls.Bedakan antara urusan pribadi dgn kepentingan umum.Apa tdk merasa malu jk anda2 bertengkar di baca khalayak umum sprt ini.Selesaikan mslh lngsng dg yg bersangkutan jgn hny berani lewat rublik ini.INGAT INI JOURNAL RS Bkn Journal Gosip/Curhat!!Tlng pengurus Journal ini agar bisa memilah2 comentar yg pantas sj yg dpt msk dlm journal ini spy lbh enak di baca.Trims

  • Mamanya Anaknya
    27 May 2009 - 5:56 pm | Permalink

    Rumah kami dekat dgn rumah sakit ternama… Tapi kami lebih rela berobat ke BMC daripada kesitu. Selain lebih well organized, dokter2-nya pun lengkap dan berpengalaman.
    Mengenai kabar miring tentang pribadi dokter, janganlah terlalu dibesar2kan… Dokter juga manusia, ada saatnya dia salah… Untuk dr. Agus Taolin, terima kasih atas bantuannya, anak saya sdh sehat…

  • menik cibinong
    30 May 2009 - 10:17 pm | Permalink

    yah dok kenapa aku di ksh ptu 100 lg kalau alergi lagi gmn

  • Anita
    30 May 2009 - 10:28 pm | Permalink

    Pak Dony selamat malam!
    Boleh tidak saya usul. Bagaimana jika di blok ini ada konsultasi kesehatan dan dokter BMC yang menjawabnya.trima kasih dan mudah-mudahan di kabulkan.

  • Rini Wahyuni
    10 June 2009 - 1:38 pm | Permalink

    Boutique Hospital…cocok jg istilah itu utk BMC. Semua aspek dibuat senyaman mungkin layaknya hotel, didukung dgn catering ala hotel-nya dan akses internetnya.
    Utk DR. Joko, saluuut dok atas ide2nya…
    Sebagai usulan dari saya adalah untuk menambah jumlah toilet dan kebersihannya; dan tingkatkan lagi kualitas pelayanan para perawat dan administrasinya…

  • ade ane
    2 July 2009 - 12:06 pm | Permalink

    aku langganan bmc sejak 9 bulan yang lalu, waktu itu baby-ku meninggal akibat tokso,sekarang aku hamil lagi udah mo 6 bulan, masih dengan dokter obgyn yang sama, dokter farchan, so far sih so good, moga tetep gitu, keep up the hospitality…!

  • Juni
    1 August 2009 - 2:24 am | Permalink

    Permisi, numpang tulis,saya blm pernah berobat ke BMC , tadinya mau coba, tapi jadi males sebab ruang yg diharapkan buat informasi kesehatan berubah jadi komentarin dokter, perawat, malahan yg tdk ada hubungannya juga masuk jadi tulisan. Bangsa ini memang masih blm bisa menghargai sesama, belum bisa memilah mana yang pantas utk ditulis tanpa menjelekkan atau mungkin malah terlalu memuji. bagi saya cukup saya bersyukur bila dapat pelayanan baik, dan saya tidak akan nulis yg tidak pantas bila saya dapat pelayanan yang kurang memuaskan. Bangsa ini makin pintar bicara, tapi makin tidak pintar berkarya. Banyak maunya, usaha minim. Menyedihkan

  • Fren
    18 August 2009 - 5:42 pm | Permalink

    daripada menjudge yg tidak2,lebih baik introspeksi diri lah,tidak ada org yg sempurna

  • panca
    16 September 2009 - 9:27 pm | Permalink

    Buat saya, BMC bagus kok. Selain gedungnya bagus, petugas medisnya pun bagus juga. Artinya, mereka profesional tapi nggak kaku. Hampir semua petugas di sana ramah, sopan dan sangat informatif.

    Kebetulan belum lama ini saya pernah jadi pasien di BMC. Saya harus dioperasi. Dan yang menangani saya ada 2 dokter. Dr Djoko dan Dr Agus. Keduanya baik dan profesional. Perhatian pada pasien, sehingga saya yang sempat khawatir karena akan menjalani operasi besar, sangat terbantu dengan penanganan kedua beliau itu.

    Selama sakit sampai sekarang saya masih kontrol ke dr Agus, nggak pernah ada masalah. Dr Agus baik kok, nggak pernah bersikap “aneh” atau nggak wajar, seperti komentar yang saya baca di journal ini

    Sekarang saya sudah sehat. Dan sangat berterima kasih sekali pada dokter2 dan para suster semuanya.

  • arum
    13 October 2009 - 1:15 pm | Permalink

    Ada yang tau alamat emailnya RS BMC gak..??
    Aku mau kirim keluhan ke rumah sakit itu, gara-gara kelalaiaian RS, anakku yang pernah dirawat disitu, bekas infusannya menimbulkan luka yang dalam. dan menimbulkan bekas luka di tangannya.

    Terima kasih

  • suami
    7 November 2009 - 3:45 pm | Permalink

    “sekedar info: smg berguna Hati2 kalo nelpon dr.Agus Taolin si dokter mah baik pisan,tapi bininya najis gue,masa kt sbg pasien dimarah2 in,telpon lgs dibanting,kasihan amat tuh dokter punya bini kayak nenek lampir,mending kl cantik,kalo gak siap punya laki doter spesialis jangan punya ,cerain aja,najis bener,sombong bener

  • linda
    7 November 2009 - 3:52 pm | Permalink

    “saya cuma mau komentarin aja,memang dr.Taolin ramaaaah banget apalg sm yg cuantiik,maklum memang istrinya guaalaaak,tp kl menurut saya istrinya jangan marah2 sm yg gak jelas,kira2 dia tahu gak ya? kl dulu 4 th yl,dia suka kencan sm dokter umum single tiap malem minggu,waktu itu sih pasiennya gak terlalu banyak,malem jam 12 baru balik ke BMC,kasian bininya,bodoh kalo dia marah2 ke org,yg salah,mungkin si istri segitu gilanya sampe si dokter cari pacar lain,Ck..Ck..kasian banget lo,makanya nih dok,coba istri & anakmu diajarin cara bersikap yg baik,jgn sombong,hati2 karma Allah

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *