Kartu grafis terintegrasi adalah salah satu solusi penekanan harga jual PC yang paling banyak digunakan pada notebook. Intel sudah membuktikan hal ini dan mungkin inilah salah satu alasan mengapa AMD memutuskan untuk membeli ATi.
Untuk kartu grafis terintegrasi yang tidak memiliki memori sendiri, biasanya mereka menggunakan memori utama (RAM). Intel dalam hal ini memperkenalkan konsep DVMT atau Dynamic Video Memory Technology untuk Intel GMA, si kartu grafis terintegrasi-nya, agar dapat melakukan manajemen memori bagi kartu grafis sesuai kebutuhan.
Secara standard, Intel GMA biasanya mengalokasikan memori sebesar 8MB untuk keperluan aplikasi umum seperti e-mail, browser dan lain sebagainya. Saat kebutuhan akan memori grafis meningkat, DVMT akan menambah alokasi memori sebesar-besarnya sesuai ketersediaan memori utama. Sehingga secara teoritis, semakin banyak memori utama yang anda miliki maka semakin besar alokasi yang dapat dilakukan oleh DVMT.
Pada Intel GMA900/950 yang umum terdapat pada notebook saat ini, maximum alokasi memori yang dapat dilakukan adalah sebesar 224MB. Setting yang perlu anda lakukan di BIOS untuk memperoleh alokasi memori 224MB ini adalah memilih pilihan MaxDVMT. Dengan setting ini anda meminta alokasi memori untuk grafis dari minimum 8MB hingga 224MB bilamana diperlukan. Namun perlu diingatkan kembali bahwa alokasi memori 224MB ini diambil dari memori utama anda sehingga jelas tidak akan mungkin dilakukan bila memori notebook anda hanyalah 256MB. Sehingga saya perkirakan bahwa alokasi memori 224MB ini hanya akan dilakukan bilamana memori utama anda lebih dari 1GB.
Pada notebook saya yang bermemori 512MB, saya juga menggunakan setting MaxDVMT. Dari informasi yang diberikan oleh driver Intel GMA, memori grafis yang dialokasikan ternyata adalah sebesar 131MB… Tak heran Civilization 4 masih dapat berjalan dengan baik di sana.
Namun saya masih penasaran dengan algoritma yang digunakan oleh DVMT… semoga nanti saya menemukan literatur tambahan lainnya.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *