Yamaha Mio Fino: Retro Style

Seperti diduga sebelumnya pangsa pasar skutik (Skuter Otomatik) di Indonesia semakin ketat semenjak masuknya pabrikan Honda dan Suzuki. Bahkan di Bali menurut info salah seorang rekan melalui messenger ke saya telah ada 2000 orang yang melakukan indent untuk Honda Vario. Honda memang Toyota-nya sepeda motor di Indonesia, alias apapun yang mereka jual akan ditelan mentah-mentah oleh warga Indonesia.
Nah, tampaknya untuk menyiasati hal ini Yamaha yang dipelopori oleh Yamaha Thailand melakukan perubahan desain total pada skutik andalannya… Mio. Yamaha menerapkan model klasik dan vintage… retro style. Hasilnya adalah Yamaha Mio Fino yang menurut saya… jadul (jaman dulu) abis tapi tetap keren. Karena walaupun bentuknya jadul, tapi isinya tetap menggunakan fasilitas jaman sekarang.

Yamaha Mio Fino
Mio Fino dikeluarkan dalam dua seri, Retro Pop dan Retro Premium. Masih belum jelas perbedaan utamanya. Misal biasanya perbedaan pada Mio Sporty dan bukan yang bisa langsung dilihat adalah velg-nya, namun ternyata pada Fino keduanya menggunakan velg jari-jari untuk menekankan kesan jadul yang kuat. Dari gambar-gambar yang ada di milis YMML, tampaknya perbedaan ada pada model pewarnaan.

Fino tampak kemudi
Berbeda dengan Mio asli, Mio Fino sudah menggunakan model kunci key shutter yang canggih seperti di iklan Honda SupraX. Mio Fino juga sudah diperlengkapi dengan keranjang sehingga tidak perlu lagi dipasangkan aksesori keranjang seperti Mio sekarang. Bentuk stang yang melengkung serta sepedometer yang oval dan kaca spion bulat menambah kuat kesan jadul yang dimilikinya.

Fino Tampak Depan
Dari depan, lampu bulat sekarang menempel di body skutik dan emblem garpu tala diletakkan di spedometer. Tak lupa lampu sein bulat di kiri kanan menambah manis suasana.

Fino Tampak Belakang
Bagian belakang dari Mio Fino akan mengingatkan kita pada Vespa.. setengah oval memanjang. Sementara lampu rem juga berbentuk oval yang dikelilingi chrome. Lampu sein belakang dibuat lebih besar dari lampu sein depan… serta lagi-lagi berbentuk oval. Manis banget.

Fino Tampak Belakang
Untuk bagasi tampaknya tidak berbeda bentuknya dengan Mio saat ini. Dan berposisi di belakang bagasi adalah tempat bahan bakar minyak. Gosipnya daya tampung Mio Fino adalah 4.1 liter, lebih besar dari daya tampung Mio sekarang yang hanya 3.7 liter.

Walaupun tidak berbentuk futuristik seperti kebanyakan sepeda motor saat ini, Mio Fino tampaknya menempatkan diri pada kelas tersendiri. Layak dijadikan sepeda motor untuk berkeliling kota sambil bergaya. Saya sendiri langsung tertarik melihatnya dan berdoa semoga Yamaha Indonesia berniat mendatangkan Mio Fino ke Indonesia.

Related Posts

Yamaha Mio 2007
Gosipnya Yamaha Mio 2007 atau katanya yang akan diberi nama Yamaha Mio Mx akan muncul bulan Agustus 2007...
Yamaha Mio Soul
Akhirnya keluar juga Yamaha Mio 2007 atau yang sekarang diberi nama Yamaha Mio Soul. Tadi malam saya...
Yamaha Mio 2006 dengan AIS: semakin ramah lingkungan
Kebutuhan akan kendaraan semakin terasa setelah Chuuning, Yamaha Mio Kuning kami, hilang digondol maling...
Kudaling
Akhir-akhir ini, ketika sedang jalan-jalan di perkampungan nan rapat di Jakarta saya menemukan suatu...
Leave a comment

79 Comments.

  1. COOLLL……

  2. ‘ga tahan bro ne pengen komentar!!!

    prestisnya dapet bgt ya (fino)!!!
    sering liat gbrnya tp kl liat lg TERPANA NDE…AUWAHHH!!!
    Andei punya fino ta’ bikin orisinil aja ampe puluhan thn-bis tu di jual ma kolektor mtr klasik buat koleksi itemnya,pst di bayar muahal bis tu gua kaya dah…

  3. bos gimana sara dapetinnya???

  4. Wew……..keren abis.. yah !!!

    Bisa gak yah request ke YMKI untuk adain Fino ke Indonesia?

    Semoga fino bisa secepatnya ada di Indo..hehehhe

  5. Kayanya susah mas. Fino sudah lama berkeliaran di Thailand. Mungkin takut dengan selera rakyat indonesia yang `sangat modern`
    FYI…
    Di negeri jiran ini, Yamaha Mio juga sliwar sliwir berkeliaran. Hanya namanya Yamaha Mio namun Yamaha Ego. Yang bikin ngiler adalah ada dari Mio Biasa, Mio Sporty, Mio Soul hingga Mio Fino.

  6. numpang tanya dong om..? klo mau beli satu set setang,spido,gripnya fino kira-kira dimans ya…?
    (sp tau ad yg tau)

    mau saya pasang diNUVOku..heheheheh..

  7. Bro.. klw ada yg pingin gaya Fino murah bisa kok basicnya dari Mio biasa,Mio Sporty & Mio Soul beli body nya aja harga Rp.6jt an kurang,tergantung basic motornya harga termasuk pasang+spion retro+aki gak ada yg dirubah klw minat bisa contact kita e-mail ras_ymh@yahoo.com or call 021-43934704 or 081510103939(Adhee) 081510808818 (Arie) 021-92587250 (Adhi) tersedia banyak warna

  8. gw pengen beli nih, tapi yg second d, yg baru 27jt, ad yg jual ga? jakarta ya..

  9. maksud looohhh….??????????

  10. maksud loohhhh….??

    hi tau gag sich FINO oke tau

  11. pake yamaha mio aja supaya tambah moooiiiii …….. !

  12. mio fino lama banget masuk ke indonesia! Harganya pasti mahal jg! Mending beli mio biasa, trus ganti bodi! :)

  13. gw baru nanya mio fino hargana 26 juta indent 2 minggu n STNK na baru turun 45 hari setelah motor d terima alasan na ntu motor d import dari thailand jadi leglisir na lama^^

  14. kok mahal bet yak…..

    fino yang cina pnya cuma LIMA JETI, tpi kira2 awet gak yaa?????

  15. kemarin pas pulang di pasar minggu lihat ini fino….woooo keyyyeeen boooo….sampai rumah cari info di mbah google harganya 26 Juta????…yaaah jadi ngeces doang nih air liur tak kira kisaran 15 jt…uhuk-uhuk-uhuk…yah pasrah aja deh tunggu yang jual seken aja deh….ngemat duit…hix-hix-hix

  16. Dmn yaCh tempat beli box mio vino yang murah Replica alias mitasian….

  17. sandrine larcher

    saya mau beli satu mio fino,tinggal di Bali,tidak ada.di mana bisa beli.terimakasi. :smile:

  18. weee kapan ya bisa beli motor fino kek gitu.. jadul tapi modern.. :razz:

  19. Kapan ya masuk ke Indonesia ….. pengen banget !!!!!

  20. saya pernah liat yamaha fino di pantura ,, dengan tulisan plat putih dengan angka merah dan huruf belakangnya XXX,, apa itu tandanya Yamaha lagi uji coba FINO ???? mudah2an bentar lagi keluar deh FINOnya,,,,,

  21. ayah aku punya 2,
    tp beli nya second semua…
    ga apalah yg penting fino…
    hehe… :grin:

  22. biasa2 biasa aja. njiplak abis honda scoopy. cuma dipermak dikit. kacau….

  23. Jelek tidak punya inisiatip atau kreasi baru
    Bisanya Jiblak saja ama HONDA SCOOPY
    Malu dong disainnya sama dengan HONDA SCOOPY

    • aduh mas adhi ma mas sunarto kasian ya…yang ada tu malah kebaliakn nya ni mulai saya sma udah ada artinya taun 2006 yamaha dah ngluarin fino

  24. Mas Sunarto dan Mas Adhi,

    Mohon dilihat kalau saya posting ini tahun 2006 alias jauh lama sekali sebelum Scoopy muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>