Bilamana anda seperti saya, yang menyimpan image DVD/CD yang sering diakses dalam harddisk. Dan untuk mengakses image-image tersebut, biasanya saya menggunakan aplikasi yang meng-emulasi-kan sebuah DVD/CD dengan menggunakan image-image itu sebagai datanya. Dan selama ini saya sangat mengandalkan MS Virtual CD yang sedikit buggy but works dan tentu saja… free. Namun ternyata MS Virtual CD ini tidak berjalan dengan manis di MS Windows Vista… yang memang tidak friendly terhadap aplikasi-aplikasi lama.

Setelah melakukan googling dan membaca di beberapa situs, akhirnya saya mencoba solusi gratis Virtual CloneDrive dari SlySoft yang bisa di download disini. Berbeda dengan MS Virtual CD yang tidak memerlukan installasi, Virtual CloneDrive perlu di-installasi dahulu. Bila installasi sukses, maka sebuah drive virtual baru akan aktif di komputer anda. Dan gambar icon yang muncul dari drive ini adalah gambar seekor domba yang tersenyum lebar, bukan icon optical drive standard.
Installasi juga membuat relasi image-image DVD/CD standard seperti ISO dan IMG ke Virtual CloneDrive. Sehingga untuk mengaktifkan image DVD/CD tersebut anda cukup melakukan double-click atau pilih perintah Open pada image DVD/CD itu. Selanjutnya Virtual CloneDrive akan me-mount image tersebut ke virtual drive-nya dan anda bisa menggunakannya seakan-akan anda menggunakan optical drive biasa.
Hingga saat ini, saya belum menemukan kelemahan dari Virtual CloneDrive ini sehingga sudah menjadi favorit saya menggantikan MS VirtualCD. Entah bila digunakan untuk image yang di proteksi…

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *