Jamsostek oh Jamsostek
Hari ini akhirnya saya mengurus JHT Jamsostek saya. Agak pusing juga mengingat banyak keluhan terhadap proses klaim Jamsostek ini beredar di Internet. Sudah terbayang pula proses berbelit, antrian panjang dan waktu 1/2 hari yang akan terbuang. Namun dengan kebulatan tekad, karena memang uang yang ada cukup lumayan untuk menambah periuk nasi, saya akhirnya memutuskan untuk tetap melakukan klaim… afterall, it’s my own damn money.

Sebelum mengajukan klaim, saya melakukan survey terlebih dahulu dengan membaca di Internet maupun melihat langsung ke situs Jamsostek. Dari sana saya memperoleh informasi bahwa untuk mengajukan klaim, saya harus membawa dokumen:

  1. Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) Asli dan 2 kopi;
  2. KTP Asli yang masih berlaku dan 2 kopi;
  3. Kartu Keluarga Asli dan 2 kopi;
  4. Surat Keterangan Berhenti dan 2 kopi;
  5. Materai Rp 6000 1 lembar

Jamsostek saya sendiri ternyata terdaftar di cabang Gambir, namun berhubung sekarang sudah ‘online’ jadi kita bisa klaim di mana saja. Akhirnya saya memutuskan untuk mengajukan klaim di cabang Gatot Subroto yang dekat dengan kantor.

Dengan berbekal dokumen-dokumen dan mental baja, saya berangkat dengan menumpak Metromini 66 dari depan kantor. Dalam 5 menit sampailah saya di kantor Jamsostek cabang Gatot Subroto. Setelah bertanya pada Om Satpam, sayapun dipersilahkan menuju bagian klaim di lantai 1 kantor tersebut. Ealah.. ternyata di lantai dasar ada kantor pos, jadi untuk anda yang tidak berbekal materai bisa membeli di kantor pos itu.

Di lantai satu saya langsung bertanya pada bapak-bapak yang berjaga di depan. Beliau menanyakan KPJ saya dan kemudian memberikan 3 lembar formulir yang harus saya isi. Saya segera mengisi ketiganya dengan agak ragu, maklum ini pengalaman pertama. Namun akhirnya saya sukses juga mengisi formulir-formulir itu. Setelah itu saya kemudian diberikan nomor antrian ke CSO (Customer Service Officer), dapat nomor 20 euy. Segera saja saya masuk ke ruang tunggu. Ternyata sangat sepi, tidak sampai 10 orang ada disitu. Jauh dari bayangan antrian panjang saya. Dan asyiknya ternyata nomor saya sudah ditunggu oleh CSO. Jadi tanpa sempat menunggu sayapun langsung menghadap.

Sang CSO kemudian memeriksa kelengkapan dokumen saya. Saya memberikan ketiga formulir. Kemudian dia menanyakan KPJ dan kopinya; KTP dan kopinya; Kartu Keluarga dan kopinya; serta Surat Keterangan Berhenti dan kopinya. Setelah membandingkan dan menstempel kopiannya, beliau kemudian mengembalikan KTP asli, Kartu Keluarga asli dan Surat Keterangan Berhenti asli. Sementar KPJ dan kopiannya tidak dikembalikan.

Sang CSO kemudian mengisi beberapa bagian dari formulir saya yang belum diisi (hehehe… soalnya bingung mau diisi apa). Dia kemudian bertanya apakah dananya hendak ditransfer ke bank atau cash. Sayapun menjawab cash karena saya berfikir kalau di transfer ke bank pasti nanti saya deg-deg-an mulu menanti-nanti uang tersebut aktif di rekening saya. Beliau kemudian menuliskan tanggal 31 Agustus di tanggal selesai proses dan kemudian meminta saya kembali tanggal itu untuk mengambil uangnya langsung di kasir yang terletak di ujung seberang meja dia. That’s it… selesailah sebagian proses klaim jamsostek saya.

Weleh.. ternyata tidak berbelit dan ternyata tidak menghabiskan waktu 1/2 hari, walaupun saya harus balik lagi namun lebih baik lah daripada harus buang waktu 1/2 hari nunggu. Salut buat Jamsostek.

188 Comments

  1. Dear Pak Donie, saya Vina mau tanya Pak. Saya sudah resign dari perusahaan A, dan saya baru 2 tahun menajdi anggota Jamsostek di Perusahaan A tsb. Bisa kah saya mencairkan dana jamsostek saya dan apakah perlu menunggu 6 bulan setelah resign? Dan krn Kartu Jamsostek saya kebakar, tpi saya ada copian nya, jdi saya bisa hanya pakai laporan dari Polisi tidak? Makasih atas bantuan info nya.

    Vina Vironica
    1. Peraturannya mengharuskan anda menunggu 6 bulan. Tapi tidak ada salahnya mencoba. Hanya bila ditolak ya kudu maklum. Sepertinya anda cukup membuat laporan kehilangan dari polisi dan melampirkan bukti laporan tersebut.

  2. Sy sdh 9 tahun jd anggota jamsostek dan sdh 7 bulan resain dari perusahaan sy mau klaim uang jamsostek tapi kartu sy hilang bagaimana cara klaim tanpa kartu tapi saya masih catat nmr kartu saya jd masih ada namaor pesertanya thanks

    suriyati
  3. Pak doni sy minta tolong penjelasannnya kl misal krt jamsostek hilang tapi sy msh ada yg selebaran dr jamsostek atau perincian saldo tp yg thun 2003 smentara sy resain 2010 perincian terakhir hilang apa bs sy klaim terima kasih banyak

    suriyati
  4. Dear all…
    Jangan takut pengalaman aku cepat loh untuk pencairannya, asalkan persyaratannya kita lampirkan. Awalnya saya pikir terima uang cuma 11 juta sesuai slip dari kantor, eh ternyata membengkak menjadi 16 juta. memang sengaja saya ambil 1 tahun stelah risgn. 😛

    Yuni
  5. pk gmana cra mngetahui no reg krtu jamsotek yg hilang, sedangkan ktika sya konfirm ke prsahaan ttang reg jmsostek sya slalu brblit2. sya ud pnx srat refrensi dr prusahaan yg brsangkuta

    Agus
  6. kenapa ya di jamsostek cab.tegal tidak bisa melayani customer secara on line.
    dan data saya yg di tolak pengajuannya,salah satu karyawan menjanji hendak mo kirim ke tempat saya tp sampai 3 minggu saya tungguin tidak datang.saya hubunggi lewat tlp hanya janji2….tolong klarifikasinya donggg secepatnya biar saya bisa klaim d jakarta secepatnya…(saya cuma mau ambil hak saya)

    rudi
  7. Dear Pak Doni,
    Kartu Jamsostek saya hilang dan saya juga tidak ingat nomornya… sudah lebih dari 1 tahun dan saya sudah coba minta ke perusahaan yang lama tapi selalu berbelit-belit.
    bagaimana ya Pak agar saya bisa claim jamsostek saya tersebut. kalau pake No. KTP bisa ketauan ga Pak Nomor Jamsosteknya.
    thx.

    Dewi
  8. Dear Pak Doni,
    Boleh saya bertanya pak,saya adalah karyawan dan sudah mengabdi selama sepuluh tahun di perusahaan dan baru 5 hari resign tapi masalahnya Jamsostek saya di tahan perusahaan dan bahkan sampai sekarang teman2 yang masih aktif di sana belum di kasih kartu jamsostek nya,pertanyaan nya adalah di mana saya harus mengadukan hal ini supaya kartu jamsostek saya bisa saya dapatkan?

    eko ady.g
  9. dear pa doni
    saya minta bantuannya pak… saya uhah putus kontrak, tapi saya dikontrak ulang dan dapat paklaring…apa saya bisa caikan JHT saya pak? soalnya saya masih kerja di tempat yang sama. ditunggu bantuannya pak. thanks

    yosep
  10. saya mau tanya pak,kalo kartu keluarga yang asli masih ada di kampung halaman,apakah bisa tdk usah pakai kartu keluarga yg asli. tp kalo foto copy kartu keluarga boleh tdk pak?. Thanks

    Budi
  11. Mau tanya nih Pa. Setelah usia 55 th kita kan bisa ambil saldo JHT. Kalau setelah ambil saldo kita tetap kerja di Perusahaan, apakah kita terdaftar sebagai peserta baru lagi di Jamsostek?

    Syaifuddin
  12. pak doni saya mau tanya,saya uda nunggu hampir 3 bln padahal seharusnya da cair 3bln yg lalu,katanya ada data lain yang masuk ke kartu saya padahal saya cuma bekerja di 1 perusahaan tapi di data kartu saya ada 2 perusahaan jadi harus dilakukan pemisahan dulu katanya,tapi itukan kesalahan jelas dari pihak jamsostek yang salah memasukkan data kenapa proses yang dilalukan cukup lama sampai sekarang belum selesai juga kok kayak ga ada tanggapan dari pihak jamsostek pusat,jadi tiap minggu saya punya agenda khusus untuk menanyakan kabar pemisahan kartu jamsostek uda dilakukan belum,,jawaban selalu sama dari jakarta masih belum ad kabar…sampai kapan pak,padahal semua prosedur da diikutu..saya merasa sangat dirugikan…terima kasih semoga didengarkan..amin.

    nurul aeni
  13. saya pernah bekerja di sebuah koperasi sbg outsrcg salah 1 BUMN. januari 2010 melahirkan, Februari 2010 mengajukan penggantian dana jamsostek u/ melahirkan, tp krn perlakuan yg semakin semena-mena dr pengurus koperasi tsb, Maret 2010 sy mengajukan surat resign.
    saat sy meminta uang dana melahirkan, trnyata TDK DIBERIKAN Dgn ALasan sdh Resign. pdhl sebulan sy mengajukan ke koperasi. mgknn ada unsur kesengajaan biar tdk cair dana jamsostek ???

    pertengahan 2011, sy kembali menanyakan syarat2 mencairkan dana jamsostek stlh resign & sdh dijanjikan akan dibantu 0/ krywan koperasi tsb & hg skrg blm ada kelanjutannya. klw sy mau, sy bisa membuka perlakuan TDK ADIL dr outsrcg tsb…

    mohon bantuannya u/ mncairkan dana yg mjd HAK sy bekerja bertahun-tahun… krn u/ meminta surat pengunduran diri saja, sy saaangat dipersulit. mgknkah uang sy jatuh ke kantong pribadi bbrp org yg memang aji mumpung mengambil keuntungan spt yg lain yg menimpa bbrp tmn sy yg sering tdk mendapat penggantian jamsostek??? tx sebelum & sesudahnya…

    lia
  14. Dear Pak Doni,

    Mau tanya:smile:Saya pernah bekera di perusahaan
    swasta sblmnya selama 3 Tahun,kemudian saya resign dan bekerja lg di perusahaan lain dan saya meneruskan JHT saya.yg tertulis di sana 04-2008
    hitunganya masih belum 5 tahun.kira dah bisa di progres blm ya?

  15. Dear Pak Donny,,, saya merasa kecewa pelayanan dikantor jamsostek di cabang cikarang, susah banget kalau ditelpon pada sibuk pa gmn ya,,,saya sudah coba dari no: 02189113873- 77 tidak ada yang angkat,,,,pie pak mohon bantuannya,,,terima kasih

    inta supriadi
  16. Saya peserta Jamsostek No.99J40242622, telah mengajukan JHT karena umurku telah 55 tahun dan telah memasukkan syarat2nya ke Jamsostek di Cabang Rawamangun pada tg.12/4’2013 dan telah 12 hari uang JHT saya mengendap dan belum masuk ke Rek.saya di BNI. mana slogan MOE ” One Day Service”,(DI TV Suasta-pewancaranya Bpk.Tantri Abeng) 😥 😥 tapi sampai sekarang (sdh 12 hari)belum juga ke-Transfer ke Rek saya di BNI. Saya tidak mengemis uang JHT tapi itu uang saya yang telah 14 tahun ikut Jamsostek. MOHON SEGERA UANG SAYA DI-TRANSFER,..!!! MERDEKA,..!!!

  17. Mohon pencerahannya,sy mau tanya pd rekan semua,

    Org tua sy beksrja pada thn 1989 resign thn 1982, terus jamsosteknya belum di ambil,

    Yang mau sy tanya ada kah
    penambahan saldo jamsostek tersebut jika sy ambil?,kebetulan jg org tua sy sdh meninggal,tp perusahaannya masi ada kebetulan karyawan PDAM

    Sy mohon pencerahannya, email ke jaka.frianto@yahoo.co.id

    jaka
  18. Maaf Pak, Saya mau nanya.,
    JHT saya hilang kecopetan di tahun yang lalu,tapi belum diurus sama Perusahaan saya bekerja.
    Apakah JHT bisa disalahgunakan oleh orang lain.?
    soalnya ada KTP asli saya didompet yang dicopet maling..

    Mohon Penjelasannya. Terima Kasih.

    Ira Amalia Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *