Baru saja saya kembali dari Kedutaan Besar Malaysia di Kuningan dalam rangka mengurus Reference Visa. Disana saya bertemu langsung dengan salah satu atase kedutaan, ternyata beliau sudah dikontak oleh pihak MDeC di Malaysia untuk memberikan prioritas pengurusan Reference Visa saya dikarenakan adanya kesalahpahaman. Sehingga Visa yang biasanya membutuhkan waktu 4 hari dapat selesai sore nanti. Alhamdulillah, karena saya sudah memesan tiket untuk keberangkatan esok pagi.
Kok bisa ada kesalahpahaman?

Perusahaan yang mempekerjakan saya di Malaysia sudah jauh-jauh hari melakukan pengurusan Employment Pass (EP). EP sendiri terbagi atas 2 stage. Stage 1 adalah Approval dari MDeC dan Stage 2 adalah proses untuk memperoleh EP itu sendiri. Stage 2 mewajibkan pemohon untuk berada di Malaysia.
Untuk kasus saya, Stage 1 diurus oleh perusahaan dan kemudian surat Approval-nya dikirimkan ke Indonesia. Disini terjadi kesalahpahaman, karena ternyata ada dua macam surat Approval: Yang pertama adalah tidak diperlukan Reference Visa dan yang kedua adalah diperlukan Reference Visa. Bila menggunakan cara pertama maka kita cukup datang ke Malaysia dengan menggunakan Social Visit yang 30 hari. Sedangkan untuk cara kedua (seperti saya) mengharuskan pengurusan Reference Visa di Kedubes Malaysia. Nah untuk cara kedua ini membutuhkan surat pengantar dari MDeC ke Kedubes. Jadilah saya dikirimi dua dokumen, dimana dokumen yang paling diperlukan baru sampai Jum’at (4 Jan) malam 😀
Do’akan saya tidak mengalami masalah yang berarti ya…

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *