Salah satu notebook di kantor, Dell Vostro, beberapa hari belakangan ini sama sekali tidak bisa shutdown. Bahkan pernah saya biarkan dan hingga keesokan harinya masih saja dalam status trying to shutdown.
Notebook itu terinstall Vista Business dan merupakan bagian dari domain kantor serta digunakan sehari-hari oleh Office Manager saya. So, status user dia hanyalah user biasa dan bukan administrator.
So, akhirnya saya periksa notebook tersebut dan login dengan menggunakan user saya (yang kebetulan diberik hak administrator). Saat login dan di windows tidak ada masalah berarti. Lalu saya coba shutdown, windows kemudian meminta waktu untuk melakukan update OS. Setelah proses update selesai, windows dapat shutdown dengan sempurna. Hmm.. jangan-jangan???
Saya kembalikan ke Office Manager dan beliau kemudian login dengan user dia dan mencoba men-shutdown notebook tersebut. Eng ing eng.. notebook shutdown dengan cepat dan perfect.
Bingo… ternyata ada Update yang menggantung dan tidak bisa dilakukan karena user yang login tidak memiliki akses administrator. Wah.. ini masalah nih… mudah-mudahan MS menyadari-nya.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *