Menuju KLIA LCCT dari Cyberjaya

KLIA LCCT terletak kurang lebih 20km dari KLIA. Bandara LCCT yang merupakan bandara tempat mendarat-nya AirAsia, Tiger Airways dan beberapa penerbangan Low Cost lainnya memang agak sukar diakses dibandingkan KLIA. Beberapa waktu ini saya selalu mengandalkan Taksi untuk mencapai KLIA LCCT dari Cyberjaya. Namun ternyata ada beberapa alternatif lain euy.

Alternatif 1
Taksi. Ini jelas. Paling cepat. Tinggal duduk dan sampe deh. Kurang lebih 30 menit hingga 1 jam tergantung kondisi jalanan. Biayanya paling mahal, antara RM50-RM60

Alternatif 2
Gabungan Bis dan KLIA Express Rail Link (ERL). Dari Cyberjaya menggunakan bis RapidKL T429 ke West Transport Terminal di Putrajaya Central, biayanya sekitar RM1 dan waktu tempuh kurang dari 15 menit. Di Putrajaya Central kemudian ganti menggunakan ERL ke KLIA dengan biaya RM6.20 dan ditempuh dalam waktu 20 menit. Di KLIA kemudian naik Shuttle Bus Service KLIA – LCCT yang terletak di Platform 8, bus station at Ground Floor, Car Park C, Main Terminal Building (MTB) dan dioperasikan oleh Nadi KLIA. Biaya Shuttle Bus sekitar RM1.5 dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit. So total biaya yang dikeluarkan RM8.7 dan total waktu tempuh 55 menit tidak termasuk waktu tunggu.

Alternatif 3
Ini alternatif orang yang punya banyak waktu. Dari Cyberjaya naik bus RapidKL T429 ke Putrajaya Central. Kemudian berganti dengan KL Sentral ERL seharga RM9.5 atau naik bus RapidKL E1 ke KL Sentral seharga RM 5. Dari KL Sentral di Lower Ground naik SkyBus yang langsung menuju KLIA LCCT dengan biaya RM 9 dan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit. Sehingga total biaya yang dikeluarkan antara RM15 hingga RM19.5 dan total waktu tempuh bisa mencapai 3 jam dengan tidak menghitung waktu tunggu.

Review
Kalau terburu-buru jangan ragu untuk ambil Alternatif 1 karena ketinggalan pesawat bukanlah pilihan yang menarik. Tapi kalau punya waktu yang cukup, misalnya 2 jam, maka ambil alternatif 2. Sedangkan bila memang niat buang-buang waktu maka alternatif 3 adalah pilihan menarik.

Related Posts

Suspension of aerotrain services at KLIA
Just read this when viewing Malaysia Airlines website: Malaysia Airports will suspend the aerotrain...
We’re Moving Abroad
Selesai acara selamatan kami segera bergegas ke Bandara Udara Soekarno-Hatta di Tangerang. Ditemani...
AirAsia… Now Everyone Can Fly
Sejak kenaikan harga minyak dunia yang semakin meroket muncul fenomena penerbangan murah meriah atau...
I-Kad, Malaysia Expatriate Identity Card
OK, EP Stage 2 sudah clear lalu apa? Berikutnya adalah membuat kartu identitas yang kalau di Malaysia...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>