the Microsoft TechEd South East Asia 2008

Blog ini mungkin sedikit terlambat namun lebih baik terlambat daripada tidak ngeblog tentang hal ini sama sekali :D.

Ceritanya Minggu lalu, tepatnya mulai dari tanggal 11 hingga 14 Agustus 2008, saya mengikuti acara Microsoft TechEd South East Asia 2008. Ini adalah kali pertama saya ikut acara ini terutama karena TechEd SEA dilakukan di Kuala Lumpur. Saat dapat informasi acara ini dari milis dotnet di Februari 2008 langsung saya ajukan ke para bos dan mereka langsung menyetujui tanpa tedeng aling-aling.

Registrasi Ulang dan Goodies

Tanggal 8 Agustus 2008, saya memperoleh SMS untuk melakukan early registrasi ulang pada tanggal 9-10 Agustus 2009 di KLCC. Alasan utamanya adalah agar menghindari antrian panjang bila kita registrasi pada hari H.

Akhirnya saya memutuskan untuk registrasi ulang pada tanggal 9 Agustus bersamaan dengan check up dan pembukaan gips Audin di RS Gleanegels Intan Kuala Lumpur.

Setelah registrasi ulang, saya langsung memperoleh goodies resmi yaitu sebuah name tag, sebuah tas backpack, sebuah buku berisi panduan acara TechEd SEA 2008 dan banyak brosur iklan dari partner MS. Tasnya memiliki kompartemen untuk notebook di dalamnya. Dan saya berencana hendak menggunakan tas ini pada hari H nanti ceritanya.

Way to KLCC

Menuju Kuala Lumpur adalah pekerjaan yang mudah bagi saya yang tinggal di Puchong (dan mungkin sebagian besar wilayah lain di Lembah Klang Malaysia). Saya cukup menggunakan bis RapidKL bernomor U60 atau U69 atau U70 dan turun di KL Sentral dengan waktu tempuh 30 hingga 60 menit tergantung kepada kondisi jalanan. Jangan bayangkan kemacetan disini seperti kemacetan parah model Jakarta ya…

Dari KL Sentral saya menggunakan LRT menuju KLCC beserta dengan ribuan komuter lainnya. Jelas padat dong namun tidak sepadat KRL Bogor-Jakarta. Masih ada-lah space untuk bernapas dan bergerak. Kadangkala bila beruntung maka akan ada LRT kosong yang sengaja disediakan untuk penumpang dari KL Sentral.

Opening Ceremony/Keynote Speaker

Sampai di KLCC langsung bergegas ke Lantai 3 KLCC. Disana sudah disambut oleh puluhan staff EO-nya TechEd. Saya menyempatkan diri mampir ke HandOut Corner untuk ambil lembaran undian agar dapat dikirim ke TechEd Barcelona. Fuhuhu… semoga menang 😀

Setelah itu kami semua digiring untuk mengikuti Opening Ceremony sambil mendengarkan Keynote Speaker yang terutama membahas Windows Server 2008.

Melihat Keynote Speaker ini pada beberapa bagian seperti melihat acara TV Komersialnya DRTV :D. Dua orang speaker dari MS ini saling bertanya dan menjawab mengenai beberapa fitur yang diunggulkan dari MS Windows Server 2008.

Lunch

Setelah acara Opening Ceremony selesai, kami langsung diminta turun ke Lantai 1 KLCC untuk menikmati makan siang yang disuguhkan dengan gaya makan resmi. Yup lengkap dengan serbet, berbagai bentuk sendok, garpu, piring makan beberapa piring kecil. Tapi antri ambil makannya tetep saja bergaya prasmanan .. hehehehe.

Hari pertama ini saya beruntung berada di antrian terdepan karena pilihan makannya masih cukup banyak. Hari-hari berikutnya tidaklah seberuntung hari pertama loh.

Indonesian

Peserta yang paling saya cari di acara regional begini tentu saja adalah peserta dari Indonesia. Tidak asik kayanya bila acara ini hanya dihadiri oleh orang Malaysia. Beberapa kali saya mendapati adanya orang Singapura, Thailand dan bahkan Philipina. Barulah di acara Lunch saya berkenalan dengan 3 orang dari Indonesia: 1 dari AGIT, 1 dari MII dan 1 dari BAF.

Di hari kedua sesaat sambil menunggu makan siang saya menyempatkan diri mendownload bahan-bahan TechEd di Internet Cafe yang disediakan panitia. Disini saya menyapa seorang peserta di sebelah saya yang berusaha mengupload bahan-bahan TechEd ke e-mail beliau. Eh ternyata kagak diduga orang tersebut adalah Bang Luftie Royan dari Semarang. Kenal sudah bertahun-tahun dan baru kali inilah saya bertemu muka dengan beliau.

Bang Lutfie kemudian mengenalkan saya dengan rombongan IT Professional lain dari Indonesia: Bang Reza, Bang Hendra dan Bang Hendrik.

Dan saya langsung ditodong untuk mencari bahan oleh-oleh khas Malaysia deh. Saya kemudian mengajak mereka ke Pasar Seni dengan menggunakan LRT. Disana rekan-rekan memborong kaos, gantungan kunci serta miniatur menara petronas dan akhirnya pulang dengan gembolan besar dan senyum lebar dong.

Setelah itu diajak mampir ke MVP Conner dan berkenalan dengan beberapa MVP lain dari Singapore. Dan akhirnya bertemu muka juga dengan Mas MCA.

The End

Setelah 4 hari penuh dengan sesi teknikal, kunjungan ke both partner-nya MS, melihat berbagai teknik baru, produk baru MS, tips dan trik coding, sosialisasi dengan beberapa kawan lama dan baru … akhirnya acara MS TechEd SEA 2008 ini berakhir.

Seperti setiap acara buatan manusia pastilah ada kelebihan dan kekurangannya. Namun terlepas dari semua itu seperti sudah cukup banyak bahan dan ide yang bisa saya bawa ke rumah nih. Beberapa ide mungkin akan saya terapkan ke pekerjaan di kantor kayanya.

"You have to open your eyes to realize that there is a lot of great people that you can learn from out there."

2 Comments

  • 21 August 2008 - 10:32 am | Permalink

    masterr…

    share ilmunya dong 😀

  • 2 November 2009 - 11:54 am | Permalink

    htst

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *