Acer Aspire 4530 adalah notebook generasi ke 8 saya selama hampir 10 tahun berkecimpung di dunia IT Professional. Notebook ini saya beli di Malaysia sini pada saat PC Fair Malaysia yang tidak manusiawi itu loh. Pertimbangan saat membelinya adalah harganya yang cukup murah yaitu di bawah RM2000 dengan fitur yang cukup mumpuni diantara notebook sekelas.

Fitur

Acer Aspire 4530 datang dengan fitur standard:

  • AMD Turion X2 RM70 (2GHz, 1MB L2 cache)
  • Nvidia GeForce 9100M G, integrated Graphics Card yang jelas jauh diatas kelas Intel X3100
  • 1GB RAM (Max 4GB)
  • 160GB HDD SATA
  • DVD Super Multi DL SATA
  • 802.11b/g WLAN
  • Bluetooth 2.0+EDR
  • 14.1" Wide CrystalBrite LCD 1280×800
  • Acer Crystal Eye WebCam

Saya sendiri kemudian mencopot RAM 1GB dari HP Pavilion saya yang rusak dan menambahkannya ke Acer setelah mendapat konfirmasi dari pihak service center Acer bahwa tindakan saya tersebut tidak menghilangkan garansi mereka.

Semua konektifitas ada kecuali Firewire yaitu LAN, Modem, 3xUSB2.0, MMC/SD/xD/M2Pro Card Reader, Express Card dan VGA Out. Untuk Firewire bisa dipecahkan dengan membeli ExpressCard berisi Firewire.

Built-nya cukup kokoh namun HP Pavilion memang terlihat lebih mewah. Keyboard nyaman sementara mousepad bahkan lebih TOP daripada HP Pavilion. Salah satu fitur lain yang saya suka dari notebook Acer adalah adanya Function Key yang bisa mematikan backlit dari LCD. Warna dominan Aspire ini adalah hitam, berbeda dengan warna Aspire beberapa waktu lalu yang putih. Namun saya menyukainya karena bersifat lebih elegan. Lampu LED-nya pun masih dominan warna kuning yang tidak menyilaukan mata seperti lampu LED-nya HP Pavilion.

Notebook ini saya perlengkapi dengan asuransi dari TechSecure untuk jangka waktu 1 tahun. Satu-satunya kelemahan yang saya rasakan adalah LCD-nya tidak bisa dibuat sejajar hingga 180 derajat. Maksimalnya hanya mencapai 100-110 derajat.

Kesimpulan

Overall tingkat kepuasan di atas rata-rata. Tidak ada komplain yang berarti walaupun Notebook ini tidak secepat notebook tercanggih yang ditukangi Intel Centrino 2. Namun kombinasi harga dan fitur, notebook ini lebih unggul daripada notebook lain seharga sub RM2000.

Apalagi bila membandingkan kartu grafis, dimana notebook ini menggunakan Nvidia GeForce 9100M G sementara lawan-lawannya menggunakan Intel X3100. Gak sebanding bok. Ya, saya tahu bahwa Nvidia adalah biang kerok HP Pavilian saya. Namun ketidak adaannya produk kombinasi AMD+ATi lah yang memaksa saya memilih pasangan AMD+Nvidia di notebook ini.

186 Comments

  1. @syarif
    coba bawa ke acer service centre pak

    @jun
    Itu bukan kesalahan dari Acer, tapi memang keterbatasan dari Windows XP. Coba install OS 64 bit, maka akan terdeteksi full 4GB

    @uye
    normal office 1.5jam
    main game kurang dari 1jam

    @anjak
    Gak ada, semuanya pake GeForce 9100M G. Mungkin dia salah copy paste

  2. pak saya mao nanya…

    saya beli 4530 setelah itu saya upgrade ram saya menjadi 4gb tapi yang kebaca cuman 2,8 gb katanya harus memakai yang 64 bit….

    tapi driver acer cuman ada yang 32 bit…
    bapak tau info dapetin driver acer windows xp64 bit gak???

    terimakasih

    ason
  3. Salam Kenal, Mau tanya ne..
    napa koq web cam 4530 ku gak berfungsi dengan baik ya???kadang bisa kadan enggak padahl dah tak instal softwarenya, truz dah tak install ulang tapi tetep gak bisa …Gmn solusinya mas???makasih

    ndanda
  4. Tentang Memori:
    Kelemahan dari Windows XP 32 bit atau Vista 32 bit adalah maksimum memori yang terbaca akan jauh di bawah 4GB, dan bervariasi mulai dari 2.25GB – 3.5GB.
    Salah satunya karena penggunaan memori VGA yang di share memakan hingga 768MB.

    Baterai:
    Memang boros, karena hanya 6Cell atau 4Cell. Bila menggunakan aplikasi office biasa mungkin bisa 1,5jam. Tapi bila digunakan untuk game bisa hanya 30 menit.

    Camera Blank:
    Karena saya menggunan WinServer2008, kamera sama sekali tidak bisa digunakan 😀
    Tapi waktu menggunakan XP kamera berjalan dengan sempurna 😉

  5. Saya beli Laptop 4530 waktu pertengahan september kemaren, hmm… lagi bingung.. saya termasuk maniak game trus nyoba cari Call Of Duty 4 ama Metal Gear Solid 2 trus dapet, tapi setelah di install ternyata jalannya lambat banget (COD 4) dan Gak keluar gambarnya (MGS 2) kenapa ya padahal memorynya dah ta upgrade 2 gb n Windows XP nya dah ta upgrade ke sp 3, emang batasan 4530 di situ kah ? padahal aku liat di beberapa blog katanya mereka isa maen COD 4 pake 4530 , tolong donk kasih tau knapa…. pusing….

    Miki_foxdie
  6. permisi.. permisi..
    pake coolpad buat notebook bisa ngurangin usia notebook gak ye?
    dibuku pedoman ditulis..
    jangan gunakan produk diarea yg menimbulkan hentakan atau getaran..
    hmmm.. mohon bimbingannya.. trims!!

  7. satu lagi..

    nanya ni tentang NVIDIA 9100M G
    total available graphics memory : 895 MB
    Dedicated Video Memory : 256 MG
    System Video Memory : 64 MB
    Shared System Memory : 575 MB
    .. ntu semua maksudnya apaan ye?
    trims b4!!!

  8. Nanya lagi nih bang… hehehe….
    Laptop 4530 ku waktu lagi ku pake kok nge-hang berlayar biru trus ada tulisan membuang memory yang gak kepake (dumped memory) n minta di reset untuk ngidupin lagi, napa ya ? Fatal gak bang ?
    Thanks Before…..

    Miki_Foxdie
  9. saya make 4530 jg dan gak ada masalah yg berarti….emang si pertama kali beli sering blue screen tp stlah instal ulang pak xp sp 2 gak ada masalah lg ama yg namanya blue screen…masalah nya cuma jam nya yg sering reset sendiri…selain itu baik smua
    stand by dan hibernate lancar…
    driver jalan smua…
    kamera gak ada masalah…(blum upgrade bios)

    angga
  10. mas aku baru beli acer 4530 nich! nah pas aku beli aku lgs tambah memory nya sampai 4gb! nah ternyata pake windows xp profesional baca nya cuma 4gb. nah kata teman ku klo mao baca memory nya sampai 4gb harus instal windows xp 64bit.
    nah aku mao tanya klo driver bawaan acer sendiri dah bisa blom tuk fasilitas driver windows xp 64bit.

    terima kaseh mas….

    adhe
  11. to adhe:

    Saya pernah mencoba untuk x64, drivernya tinggal coba di web acernya biasanya disediakan, cuman waktu itu lebih bermasalah pada software2 aplikasi yang sulit, ga tau sekarang

    Tapi untuk mengoptimalkan XP dengan 4Gb ram saya pernah mencoba menggunakan 3G switch, saya coba ini, windows lebih stabil karena virtual memory di up menjadi 3Gb (perubahan terlihat jika kita melihat pada system information), bacaannya:

    http://www.vfxpedia.com/index.php?title=FAQ/3GB_Switch

    http://www.microsoft.com/whdc/system/platform/server/PAE/pae_os.mspx

    http://support.microsoft.com/default.aspx?scid=kb;en-us;328269

    jo
  12. acer aspire 4530 saya sering bermasalah,apabila komputer stand by lampu indikator stand by (orange) tidak menyala dan lampu indikator power (warna kuning)tetap menyala. hardisk menjadi tidak bekerja (lampu hardisk menyala terus),monitor tidak menyala, dan komputer tidak bisa dimatikan kecuali melalui tombol power. itu kenapa ya?saya baru beli 1 bulan yg lalu. saya sudah berkali-kali install ulang, tetapi tetap sama saja.saya pke os win xp sp 2.tolong kalau ada solusi kirimkan ke email saya di cacan83@yahoo.com….thx

  13. mas saya punya acer 4530 selama 3 bulan. kenapaya sound ya gak bunyi. suaranya bisa di denger haya di ear phone tapi ada bunyi kresek kayak distorsi. ??????????? apa sebabya. drive sound ya. gak ada masalah

    syahrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *