Acer Aspire 4530 adalah notebook generasi ke 8 saya selama hampir 10 tahun berkecimpung di dunia IT Professional. Notebook ini saya beli di Malaysia sini pada saat PC Fair Malaysia yang tidak manusiawi itu loh. Pertimbangan saat membelinya adalah harganya yang cukup murah yaitu di bawah RM2000 dengan fitur yang cukup mumpuni diantara notebook sekelas.

Fitur

Acer Aspire 4530 datang dengan fitur standard:

  • AMD Turion X2 RM70 (2GHz, 1MB L2 cache)
  • Nvidia GeForce 9100M G, integrated Graphics Card yang jelas jauh diatas kelas Intel X3100
  • 1GB RAM (Max 4GB)
  • 160GB HDD SATA
  • DVD Super Multi DL SATA
  • 802.11b/g WLAN
  • Bluetooth 2.0+EDR
  • 14.1" Wide CrystalBrite LCD 1280×800
  • Acer Crystal Eye WebCam

Saya sendiri kemudian mencopot RAM 1GB dari HP Pavilion saya yang rusak dan menambahkannya ke Acer setelah mendapat konfirmasi dari pihak service center Acer bahwa tindakan saya tersebut tidak menghilangkan garansi mereka.

Semua konektifitas ada kecuali Firewire yaitu LAN, Modem, 3xUSB2.0, MMC/SD/xD/M2Pro Card Reader, Express Card dan VGA Out. Untuk Firewire bisa dipecahkan dengan membeli ExpressCard berisi Firewire.

Built-nya cukup kokoh namun HP Pavilion memang terlihat lebih mewah. Keyboard nyaman sementara mousepad bahkan lebih TOP daripada HP Pavilion. Salah satu fitur lain yang saya suka dari notebook Acer adalah adanya Function Key yang bisa mematikan backlit dari LCD. Warna dominan Aspire ini adalah hitam, berbeda dengan warna Aspire beberapa waktu lalu yang putih. Namun saya menyukainya karena bersifat lebih elegan. Lampu LED-nya pun masih dominan warna kuning yang tidak menyilaukan mata seperti lampu LED-nya HP Pavilion.

Notebook ini saya perlengkapi dengan asuransi dari TechSecure untuk jangka waktu 1 tahun. Satu-satunya kelemahan yang saya rasakan adalah LCD-nya tidak bisa dibuat sejajar hingga 180 derajat. Maksimalnya hanya mencapai 100-110 derajat.

Kesimpulan

Overall tingkat kepuasan di atas rata-rata. Tidak ada komplain yang berarti walaupun Notebook ini tidak secepat notebook tercanggih yang ditukangi Intel Centrino 2. Namun kombinasi harga dan fitur, notebook ini lebih unggul daripada notebook lain seharga sub RM2000.

Apalagi bila membandingkan kartu grafis, dimana notebook ini menggunakan Nvidia GeForce 9100M G sementara lawan-lawannya menggunakan Intel X3100. Gak sebanding bok. Ya, saya tahu bahwa Nvidia adalah biang kerok HP Pavilian saya. Namun ketidak adaannya produk kombinasi AMD+ATi lah yang memaksa saya memilih pasangan AMD+Nvidia di notebook ini.

186 Comments

  1. deuh webcam aq juga teu hurung/mati
    acernya g mw bnrn ktY c OS/nya kudu intall dari awal..
    selek gr2 install game..

    hidup acer
    jgn hiraukan Awas cepat rusak
    Ferrari aja percaya
    gagagagagagagag

    0003
  2. Permisi…
    Sya guest bru nih dan sdikit gaptek…
    kebetulan sya bru mo beli Acer Aspire 4530
    Tolong pak / Bang / Mas saranx apa aja yg hrus di cek / diperhatikan sbelum membeli???
    Yang jelas sya naksir abis ma tu notebook…
    Sesuai n pas dgn kocek..Trims

  3. Permisi..Mas..
    baterai laptop acer 4530 sya kok cepat habis yah dlam mode on baterai! padahal sya tidak menjalankan program apapun slain windows dan baterai full 100%!jg udh sya cba ubah setting di power optionsx tetap aja sama. krn pnasaran!! sya cba tes stelah sya cash baterai hingga 100%, Biasax awalx laptop mode standby n monitor blank dlam waktu 10 menit doang!! trus sya pencet power bisa hidup kembali…tpi stelah sya cek power baterai cma sisa 4% n lalu sya tgu dlm tempo 5 menit kmudian laptop mati total..bateraix abis sma skali. napa yah mas?? laptop sya pake OS XP SP2, RAM upgrade 2GB, hibernate non aktif dan smua setting power options udah sya cba..please solusix?? thanks

  4. Saat sedang di charge kenapa nampak terang sekali,begitu jg sebaliknya nampak gelap saat tak di charge???karna sebelum make acer 4530 Q make Toshiba M40 dan tak ada perbedaan wlopun sedang di charge atopun tidak,knp ya mas???apa mesti buru-buru di bawa ke service centernya?

  5. Mungkin karna kesibuka mas dony di dunia nyata jd blm sempet jawab,mungkin Q sedikit bs bantu,klo ada yg kesulitan cari driver acer 4530 bwt windos XP bs di coba disini : http://www.acer.com.tw/driver.asp
    Ato jg disini : http://komku.blogspot.com/2008/08/acer-aspire-4530-aspire-4530g-windows.html
    & bwt rekan2 yg ga lepy 4530 nya ga bs di isi XP coba ganti bios HDD ke IDE krn AHCI bwt vista.Maap mas dony klo Q lancang,krn Q hny ingin berbagi dgn rekan2 semua,Thank’s

  6. saya bilang nih laptop lumayan keren, cuma processor aja yang seidikit letoy

    sy jg punya pertanyaan, nih laptop sering ngeheng, tp ram 4gb. knp bisa yah. hard drive saya yang c ada 12 gb free space yang d 15 gb. saya pake untuk extreme gaming dan kerja sebagai guru TIK

    akbar
  7. Hi semua, maaf agak lama tidak berkeliaran di dunia online.

    @Miki_foxdie
    Bila lambat sekali kemungkinan dia bermasalah di driver Nvidia-nya.
    Coba cek ke situs nvidia dan download versi terakhir, bila tidak salah
    nama file-nya VGA_NV_(7.15.11.7566_logo).zip.zip

    Itu ada kemungkinan karena adanya driver yang masih tidak compatible. Di Aspire 4530 saya sering terjadi karena HDD-nya kadang bermasalah. Sayangnya permasalahannya si HDD saya hanya terjadi insidentil sehingga tidak bisa di klaim.

    @novoiz
    menurut pendapat pribadi saya, coolpad malahan akan menambah umur notebook karena panas yang dihasilkan notebook dana bisa merusak notebook akan dikurangi.

    Bila tidak salah, Nvidia 9100M bila membutuhkan akan melakukan expansi memori hingga ke 768. 256MB merupakan basic awal yang kita setup di BIOS, sedangkan 575 itu adalah expansi dia ke RAM. Dua-duanya menggunakan memori RAM yang kita miliki. Hal ini akan terjadi hanya jika anda memiliki RAM yang cukup banyak.

    @oris junisa
    lingkungan kerja panas dan berdebu?
    bila ya maka sebaiknya anda menggunakan coller selalu

    untuk mengaktifkan function key coba diinstall Launch Manager

    @angga
    top mas

    @obet
    Ada beberapa driver di Vista yang tidak perlu di install, tapi bila anda menggunakan XP maka anda harus menginstall semuanya

    @adhe
    Saat ini belum ada perbedaan performance yang signifikan antara 32 bit dan 64 bit. Bahkan lebih banyak aplikasi yang bermasalah di 64bit.
    Dan permasalah memori 4GB ini merupakan problema di OS bukan di Aspire4530

    @jo
    thanks atas infonya

    @cacan
    BIOS-nya versi berapa ya?
    Permasalahan itu pernah muncul di 4530 saya waktu biosnya sebelum 0.3331.

    @Daniel
    lagi bobo dulu

    @ma2n
    hehe.. itu karena ram-nya hanya 1GB kang. jadi si nvidia hanya bisa ambil sedikit dari memori utama. Coba deh ditambah memorinya setidaknya menjadi 2GB

    @syahrul
    Di dekat mas ada medan magnet yang kuat?
    Dah pernah coba di bawa ke service centernya mas? karena itu kemungkinan hardware-nya yang rusak

    @jendra@
    webcam-nya Aspire4530 memang agak sedikit nakal. bawa saja langsung ke service center

    @003
    ah itu seh alasan orang service center mas 😀
    ngomel2 aja yang keras sama mereka

    @udin
    Mungkin karena HDD-nya masih di set ke AHCI di BIOS. Coba di set ke IDE dan install ulang XP-nya

    @bam
    Driver yang ada di internet itu semuanya ada di CD loh. XP-nya SP berapa kang? Kalau di bawah SP2 memang tidak mau

    @arifin
    Install di XP atau Vista kang? Bila menggunakan earphone/headphone bunyi tidak?
    Di vista dengan menggunakan driver bawaannya harusnya sudah akan berbunyi dengan baik.

    @Neo_one
    Maaf kang, cukup lama saya sibuk dengan implementasi sistem di kantor 🙂
    Aspire4530 hanya memiliki 6cell baterai bila tidak salah, sementara Nvidia sangat boros memakan baterai. Sehingga tidak akan pernah bertahan lama. Bisa kurang dari 1jam sudah habis.

    @yatanamie
    Untuk hal ini perlu di setting di Power Options-nya. Set brightness dari LCD selalu 100% walaupun sedang tidak di mode Power Plug.

    Gak masalah kok untuk berbagi informasi itu.

    @akbar
    Untuk saya kasusnya di HDD. Itu saya lihat setelah di trace berkali-kali dan selalu bermasalah di HDD-nya. Mungkin di notebook kang akbar juga begitu.

    @ari
    Itu normal kang. Karena tergantung dari pemakaian. Bila processor dan peripheralnya bergeak dalam full power maka baterai-nya akan langsung drop. Saat tidak digunakan maka baterainya akan lebih tahan.

  8. @rama & kinetik
    OS apa pak? vista atau xp?
    bila menggunakan vista, anda cukup install driver bawaan dari Acer lalu aktifkan Windows Update dan pilih optional update dari nVidia/Atheros
    bila xp berarti ada yang salah dalam proses installasinya. masuk ke safe mode dan hapus driver wlan lalu restart dan install ulang kembali.

  9. tolong acer 4530 saya waktu install pertama kali dengan xp tiba-tiba langsung layarnya berwarna hitam seperti tidak ada kehidupan saya coba tanya pada teman yang mengerti saya harus mengkopi beberapa drivernya melalui disket nanti baru masukan ke laptop setelah saya coba tetap saja monitornya tidak ada respon

    eki
  10. Halo..ak br bli acer 4530,ram 4 gb corsair,hardisk 250 gb, memori vga uda naik jd 1380mb,dipake buat game ekstrem,mslx fifa manager 2009,assasin creed.tomb raider,farcry2.dan smua berjalan baik dan lancr.ak mo nanya! Bs ga prosesorx diupgrade lg?

    Andi
  11. @tonk
    Biasanya problem utama ada di driver vga dari nVidia yang bermasalah. coba diupdate drivernya.

    @eki
    Bisa masuk ke safe mode?
    Tekan F8 sesaat setelah layar Acer hilang

    @Andi
    Sayangnya processor tidak bisa diupgrade secara normal. Tapi kalau manual mungkin bisa, hanya saja agak sukar menemukan penjual processor mobile.

  12. mas..mau nya batre acer 4530 amd turion rm70(2.0 GHz, 1MB L2 cache) bertahan paling lama berapa jam?kenapa pertama kali beli hanya bertahan selama 1/2 jam kalo digunakan bwt ngtik dan denger musik.
    baterai termasuk garansi tidak?
    selama 7bulan ini sekarang baterainya hanya bisa bertahan 15 menit itupun cuma digunakan bwt ngtik saja.mohon petunjuk dan solusinya.thks

    bahrain
  13. @azer
    duh mas, maaf.. saya tidak pernah install linux di 4530

    @bahrain
    batere tidak termasuk garansi. tapi saya lihat bila dipasang di vista batere memang jadi boros… bahkan hanya 15menit.

    @ADKurniawan
    battery silang biasanya karena windows mendeteksi tidak ada battery loh.

  14. Mas,saya lagi bingung antara 2 pilihan .Antara ACER 4530 seri 74 dengan Compaq cq40 xxx-ax.
    Kalo dari spek lebih bagus ACER,tapi saya banyak denger yang jelek2 ttg produk 4530 ini,jadi ragu2.
    Kalo bisa bls ke email saya.Terimakasih atas ketulusannya,

    IHSAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *