Acer Aspire 4530 adalah notebook generasi ke 8 saya selama hampir 10 tahun berkecimpung di dunia IT Professional. Notebook ini saya beli di Malaysia sini pada saat PC Fair Malaysia yang tidak manusiawi itu loh. Pertimbangan saat membelinya adalah harganya yang cukup murah yaitu di bawah RM2000 dengan fitur yang cukup mumpuni diantara notebook sekelas.

Fitur

Acer Aspire 4530 datang dengan fitur standard:

  • AMD Turion X2 RM70 (2GHz, 1MB L2 cache)
  • Nvidia GeForce 9100M G, integrated Graphics Card yang jelas jauh diatas kelas Intel X3100
  • 1GB RAM (Max 4GB)
  • 160GB HDD SATA
  • DVD Super Multi DL SATA
  • 802.11b/g WLAN
  • Bluetooth 2.0+EDR
  • 14.1" Wide CrystalBrite LCD 1280×800
  • Acer Crystal Eye WebCam

Saya sendiri kemudian mencopot RAM 1GB dari HP Pavilion saya yang rusak dan menambahkannya ke Acer setelah mendapat konfirmasi dari pihak service center Acer bahwa tindakan saya tersebut tidak menghilangkan garansi mereka.

Semua konektifitas ada kecuali Firewire yaitu LAN, Modem, 3xUSB2.0, MMC/SD/xD/M2Pro Card Reader, Express Card dan VGA Out. Untuk Firewire bisa dipecahkan dengan membeli ExpressCard berisi Firewire.

Built-nya cukup kokoh namun HP Pavilion memang terlihat lebih mewah. Keyboard nyaman sementara mousepad bahkan lebih TOP daripada HP Pavilion. Salah satu fitur lain yang saya suka dari notebook Acer adalah adanya Function Key yang bisa mematikan backlit dari LCD. Warna dominan Aspire ini adalah hitam, berbeda dengan warna Aspire beberapa waktu lalu yang putih. Namun saya menyukainya karena bersifat lebih elegan. Lampu LED-nya pun masih dominan warna kuning yang tidak menyilaukan mata seperti lampu LED-nya HP Pavilion.

Notebook ini saya perlengkapi dengan asuransi dari TechSecure untuk jangka waktu 1 tahun. Satu-satunya kelemahan yang saya rasakan adalah LCD-nya tidak bisa dibuat sejajar hingga 180 derajat. Maksimalnya hanya mencapai 100-110 derajat.

Kesimpulan

Overall tingkat kepuasan di atas rata-rata. Tidak ada komplain yang berarti walaupun Notebook ini tidak secepat notebook tercanggih yang ditukangi Intel Centrino 2. Namun kombinasi harga dan fitur, notebook ini lebih unggul daripada notebook lain seharga sub RM2000.

Apalagi bila membandingkan kartu grafis, dimana notebook ini menggunakan Nvidia GeForce 9100M G sementara lawan-lawannya menggunakan Intel X3100. Gak sebanding bok. Ya, saya tahu bahwa Nvidia adalah biang kerok HP Pavilian saya. Namun ketidak adaannya produk kombinasi AMD+ATi lah yang memaksa saya memilih pasangan AMD+Nvidia di notebook ini.

  1. Helfian Septayadi says:

    mas saya mau tanya??
    saya baru format ulang laptop acer aspire 4530 saya..
    data yang ada sebelumnya saya backup ke hardisk external..
    dan pada saat saya mau mngambil data yang ada di hardisk, knp tidak ke detect ya hardisk externalnya??
    tapi pada PC rumah dapat ke detect!!!

    dan saya mau nanya lagi mas,,untuk update BIOS’a itu caranya gmn ya mas??

    apa kita masuk ke windows’a dulu apa lgsg ke BIOS’a??

    tolong diberikan solusinya ya mas!!!

  2. trihandoko says:

    saya punya masalah dgn acer 4530 saya,audio tidak mau muncul,saya cek di control panel no audio device,kemudian coba saya install kembali juga tidak mau.mohon bri petunjuk….

  3. bari says:

    Mas dony month tanya, ram awal 512 trs sya tmbh lg 512 jd hrsnya kan 1gb, tp sy cek trnyata hanya terdeteksi 768mb,tp vganya jd 512mb,apa ni normal? Bs ga dsetting biar ramnya 1gb dan vganya 256mb aja.
    Krim kemail ya mas jwbnya, trimakasi sblmnya.

  4. Anang says:

    wew.. :( aku punya satu, baru beli sekitar 3bln yg lalu sama persis seperti yang digambar tapi dah ilang kira2 sebulan kemarin waktu ngebis dari semarang – surabaya. sedih deh rasanya coz nih laptop emang terbaik dikelasnya, dan data kerjaanku disitu semua ==’
    numpang nangis yaaa, huaa…huaa…huaa..

  5. itop says:

    hallo,,saya pengguna acer 4530 juga…hahaha
    kelemahan acer 4530 terletak pada lcd camerana…coba aja nyalain camera dan sambil dibuka tutup lcd nya…pasti bermasalah (kadang berubah jadi wana abu2 yang seharusnya camera )..seharusnya nggak kayak gto…tapi kalo soal main game dan jalanin program2 yang berat is ok…keren dah 4530 mah..

  6. romen says:

    halo…
    mo nanya nich…bos pake acer aspire one zG5 windows xp pro sp 3, tapi knp sound cardx ga ke detek ya, dah di instal ga bunyi lagi, minta solusix dunk?

  7. benny says:

    mo nanya mas,, komputer sya tiba-tiba hibernate sebelum masuk windows atau setelah masukin password user langsung hibernate, jadinya sya gak bisa masuk windows… gimana ya jalan keluarnya mas…? merek komputernya ACER.. di tgg mas gak pake lama hehe… txs before

  8. Muhlis says:

    numpang share pengalaman tentang Aspire 4530…
    sya udah px laptop nih udah ampir staon, masalah yg pertama muncul adalah speaker kiri yg mndadak mandek, perkiraan sy mungkin rusak akibat kepanasan. trus sy bawa aja ke penjualnya untuk di bawa ke service center acer tuk di perbaiki. dngan alasan tdk adanya spare part pihak service center bilang kalo speakernya di kirim ke pusat service centernya di jakarta dan bilang pengerjaannya makan waktu 2-3 minggu.
    setelah laptopnya balik, masalah lainpun muncul. pertama function key yg berada di sebelah kiri keyboard tiba2 ngak berfungsi (perkiraan sy ini rusak mungkin pada saat perbaikan karena speaker yang rusak berada dekat dengan tombol2 ini, sy udah coba instal Launch Manager tapi tetap ngak bisa. tak berapa lama kemudian kamera lagi yang kadang2 blank dan akhirnya tidak terdeteksi. saya kembali ke tokonya dan mereka bilang kalo perbaikannya butuh waktu 1 bulan ato lebih.
    di sini sy mulai curiga, kok cuma tombol yg rusak perbaikan butuh waktu selama itu, anehkan (waktu itu kamera masi fine2 aja).
    dengan alasan tugas (maklum mahasiswa) sy ngak jadi perbaiki ni laptop. sy mau coba bawa langsung ke service centernya acer mungkin minggu2 ini.

  9. hafid says:

    numpang koment …..
    wuih saya pakai linux kubuntu 9.04 di acer 4530 saya gak papa kok . malahan tambah keren aja nih laptop pake linux kubuntu
    cuman masalah yang timbul sewaktu pertama kali pakai ya vga nividia geforce 9100 gak ke detec , jadi saya kunjungi situsnya nividia untuk nyari draiver untuk linux pas ketemu saya instal dan hasilnya bagus banget ,, saya sarankan untuk pengguna laptop acer 4530 kalo mau make linux sebaiknya linux kubuntu terbaru ,, itu dianya detect semua driver di laptop acer 4530 tapi tinggal cari driver vga nividia aja ,,, sampai jumpa…

  10. rio says:

    mas dony, sy jg punya acer 4530, awal2nya laptop ini emang bgs bgt, kencang, setelah 4 bulan pake muncul bencana besar, pas diidupin laptopku ada bunyi kletak-kletek, trus gk bs masuk k OS, coba instal ulang, pas mau partisi HD gak kedetek sama sekali, saya tekan enter, terus ada tulisan banyak, salah satunya setupdd.sys, page fault in nonpaged area. saya pusing bgt, soalnya mau dibawa ke dealer jauh bgt dr tempat domisili saya skr, mas donny punya solusi gak? ditunggu ya mas…

  11. adhitya says:

    acer4530 sehat-sehat aj…
    ak beli dari bln januari kmren,,cuman mslhnya di btrei aj,yg cpet dropnya,,,tp diakalin dg mengurangi contras lcd jg irit,,jk pgn mobile aj…

    jangan cm omong smua,,,bullshit

  12. Dinata says:

    mas numpang tanya. aq pake acer 4530 RAM 1 gb. aq mau makai windows seven 64 bit. kira2 support ga ya? trus driver laptopku hanya 32 bit. untuk download driver yg 64 bit dimana?

  13. welwel says:

    mau tanya nich, ikon batre pada taskbar hilang gmn cara settinganya, dan anti virus avira tidak bisa di uninstal,pada saat diuninstal laptop gw ngehank….bagi2 tip dunk….tanks

  14. rio says:

    yah semoga aja acer gak ‘asli cepat rusak’, soalnya gw udah terlanjur beli, skr acer gw lagi d service center buat dibetulin (gk tw apa hddnya diganti atw gmn), gw cm bs berdoa berdoa smg setelah diservice ini laptop gw gak ada masalah lg, kl masih ada gk ada ampun lgsg gw jual deh, capek ngurusinnya, mending beli yg agak mahal tp gk musingin.

  15. geno says:

    bos..mau tanya dunx..

    apakah untuk meng-upgred RAM DRR2 pada acer 4530 diperlukan RAM meory dengan merk tertentu?? atau bisa kompatible dengan semua merk?

    terimakasih

  16. cacan says:

    @cacan
    BIOS-nya versi berapa ya?
    Permasalahan itu pernah muncul di 4530 saya waktu biosnya sebelum 0.3331.<—
    pak doni mau nanya nih cara ngecek versi biosnya gimana?trus cara update nya gimana? soalnya laptop saya klo ditinggalin sering hang sendiri klo pas hibernate, jadi terpaksa harus dimatikan lewat tombol power.thx

  17. deni says:

    pak
    ada ga driver acer 4530 untuk windows 7
    sy sudah install windows 7
    driver Wifi nya ga ada yng cocok
    bgmn solusinya
    windows 7 memang keren, nilai score sy cum 3,6
    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>