Hardware Virtualization Enabled and Activated

Sebagai Product Development Manager, bekerja dengan berbagai OS adalah suatu hal yang mutlak. Karena itulah saya sangat mengandalkan VirtualPC 2007 untuk menjalankan beberapa varian Windows OS untuk melakukan testing dan pengujian produk dan bahkan sebagai tempat bekerja.

Selama ini fitur Hardware Virtualization di HP Pavilion DV2100CTO saya matikan karena dalam beberapa kali uji coba entah mengapa saya selalu merasa performa VirtualPC jauh lebih lambat. Sementara Desktop PC di kantor bahkan tidak memiliki fitur ini (Intel Core2Duo E4400).

Sementara di Aspire 4530 fitur Hardware Virtualization ini selalu aktif (AMD tidak menyediakan cara menonaktifkan Hardware Virtualization), akibatnya VirtualPC secara default akan meng-enabled fitur hardware-assisted virtualization. Luckily, saya tidak merasakan performance drawback seperti di DV2100 sehingga saya tidak merasa perlu menonaktifkan fitur ini.

Namun apa mau dikata, saat sedang bekerja full screen di Guest OS, tiba-tiba saja notebook freeze. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali restart notebook. Dengan asumsi hanya random freeze, saya kembali bekerja di Guest OS dengan setting VirtualPC yang sama… dan kembali freeze dalam waktu kurang dari 30 menit. Panik karena saya tidak pernah mengalami peristiwa ini sebelumnya (baik di DV2100 maupun di desktop kantor). Setelah coba sana dan sini akhirnya teringat satu-satunya perbedaan adalah di fitur hardware-assisted virtualization. Akhirnya saya disable fitur tersebut dan virtualpc berjalan dengan baik tanpa masalah.

Hardware Virtualization Global Disabled 

Penasaran dan akhirnya saya mengetahui adanya VirtualPC SP1 yang bisa didownload disini. Saya pasang dan coba kembali meng-enabled fitur hardware-assisted virtualization. Hmm.. virtualpc sukses melewati 30 menit pertama… fiuh sudah cukup lega. Namun… uh oh… kurang lebih 1 jam kemudian aspire 4530 saya kembali freeze. Kali ini tanpa babibu langsung saya disable  fitur hardware-assisted virtualization dan virtualpc berjalan sempurna kembali.

So.. sejauh pengalaman saya menggunakan VirtualPC di DV2100 dan Aspire 4530 maka saya simpulkan either Hardware Virtualization atau VirtualPC 2007 yang sux ke demak.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *