Malaysian Government Support for their Citizens Technical Training and Certification

Pagi ini sepulang dari kompleks pemerintahan Malaysia di Putrajaya, saya memperoleh e-mail penawaran training dan sertifikasi dari salah satu vendor training centre. E-mail ini adalah hasil chit-chat saya sehari sebelumnya dengan salah satu marketing training centre tersebut. Sang marketing menawarkan fasilitas free training dan free sertifikasi kepada saya sesaat setelah saya memberikan kartu nama saya kepada beliau. Free? Gratis? Wah … gak bakal pernah deh menolak yang namanya gratisan. Dari info singkat beliau, ternyata karena beliau melihat logo MSC Status Company di kartu nama saya. So.. saya minta beliau untuk mengirimkan e-mail informasi lengkapnya ke e-mail saya.
Dan pagi ini saya melihat e-mail tersebut, lengkap dengan informasi mengapa bisa free.

Dari informasi itu saya ketahui bahwa pemerintah Malaysia melalui MDeC (badan yang menaungi perusahaan berstatus MSC) memberikan insentif 50% untuk training dan 75% untuk sertifikasi bagi karyawan perusahaan berstatus MSC. Ini artinya adalah pendistribusian dana training untuk pegawai swasta bukan pegawai kerajaan (aka PNS). Dan hanya berlaku untuk warga negara Malaysia 🙂

Lalu kok bisa free? Ternyata sang vendor akan membantu mengatur biaya-nya hingga keseluruhan biaya ditanggung oleh MDeC. Everybody happy.

Semoga suatu saat hal ini akan terjadi juga di Indonesia Raya. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *