Windows 8.1

image

Sudah hampir 6 bulan lebih saya meng-install MS Windows 8.1 di notebook Sony Vaio. Installasi ini saya lakukan karena keinginan untuk membuat aplikasi Windows Phone (yang sampai sekarang masih belum terlaksana juga). Dan karena memang didesain untuk tablet dan bukan untuk desktop maka seperti juga pengguna lainnya saya mengalami kesulitan.

Start Screen yang berisi tile-tile utama hampir tidak pernah saya sentuh karena lebih banyak bermain di desktop, sehingga live tile yang digembar-gemborkan oleh Microsoft hampir tidak berguna untuk saya.
Kesulitan dalam bernavigasi menyebabkan saya lebih banyak mengandalkan fasilitas search (tombol Windows + S).
Dan saya hampir tidak menggunakan aplikasi metro yang menurut saya sangat tidak nyaman karena berbagai keterbatasannya terutama keharusannya mengambil alih satu layar penuh. Saya pernah mencoba bertahan dengan IE11 ataupun Chrome versi Metro namun akhirnya menyerah dan kembali ke kitahnya.
Penyimpanan file yang selalu dipaksa untuk menggunakan SkyDrive juga kadang menganggu.

Namun diantara sekian banyak kelemahan, tentu saja ada juga berbagai bonus kelebihan. Salah satunya waktu load yang jauh lebih singkat serta integrasi yang lebih kuat antar produk Microsoft. Namun tentu saja masih banyak yang bisa ditingkatkan seperti pilihan untuk membuat Start Menu dengan navigasi dan ikon yang lebih kecil.

Mimpi melihat sebuah OS yang secara indipenden menjalankan VM untuk setiap aplikasi yang user jalankan (tanpa user tersebut tahu bahwa dia sedang menjalankan VM) sepertinya belum terwujudkan juga nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *