Adakah yang baru di Apple iPhone 6s dan 6s Plus ?

iphone-6-plus
Apple kemungkinan besar akan merilis Apple iPhone 6s dan 6s Plus malam ini waktu Indonesia (ya, karena di sana-nya acara media event Apple itu tanggal 9 September jam 10 pagi… isnandi.net). Banyak harapan (dan tentu juga hinaan) bahwa penjualan tidak akan sebanyak iPhone 6 dan 6 Plus atau tidak ada yang patut diharapkan seperti game change yang dilakukan oleh Steve Jobs saat meluncurkan iPhone pertamakali.
Lalu apa yang mungkin akan ada di iPhone 6s dan 6s Plus selain standard upgrade… layar lebih baik, kamera lebih baik atau prosesor lebih gegas?

“And may the Force Touch be with you…” Yang paling diduga ada menurut 9to5Mac adalah Force Touch yang kemungkinan akan diberi nama “3D Touch Display”. Dengan force touch, iPhone bisa mendeteksi sebesar keras anda menyentuh layar dan dapat melakukan berbagai reaksi atas-nya. Perlu diingat bahwa selama ini smartphone hanya bereaksi terhadap seberapa lama layar-nya disentuh dan bukan seberapa keras dia disentuh (karenanya disebut ‘Force’ … isnandi.net).

Dan tentu saja, kalau Apple belum merubah kebiasaannya, iterasi ‘s’ biasanya tidak akan ada perubahan drastis secara desain dari luar. Akan dipastikan akan ada prosesor baru yang dibenamkan di dalamnya.. kemungkinan A9 yang seharusnya akan membuat iOS lebih gegas daripada generasi sebelumnya. Dan biasanya juga akan disertai update iOS yang disesuaikan dengan kemampuan hardware iPhone 6s.

Kamera pastinya akan semakin baik karena kompetitor dari kubu Android terus menelurkan banyak smartphone dengan kemampuan kamera yang makin mumpuni.

Nah pertanyaan saya sendiri adalah seberapa improvement di sisi baterai? Semoga dengan semakin tinggi serta penambahan fitur tidak membuat baterai iPhone gampang semaput.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *