Karena space HDD di notebook saya sangat kecil, maka WD MyBook Home 1TB menjadi tempat bersemayam beberapa data raksasa VMWare dan beberapa snapshot-nya. Setelah sukses bersih-bersih data selama 2-3 hari kemarin akhirnya saya memberanikan diri untu men-defrag si MyBook untuk meningkatkan performa harddisk external ini.

Proses defrag memakan waktu lebih dari 3 jam dan baru selesai tadi malam. Namun saya sangat kaget saat membuka Windows Explorer karena menyadari bahwa free space telah berkurang hampir 100GB. Fantastis. Tindakan pertama yang saya lakukan adalah melakukan hitung ulang space yang digunakan oleh data dan dipastikan berbeda 100GB dengan yang dilaporkan oleh Windows. Khawatir karena ulah Volume Shadow Copy saya langung melakukan Disk Cleanup, menghapus System Restore point serta menonaktifkannya dan hanya berhasil mengklaim 40GB.. sehingga masih hilang 60GB.

Cara paling akhir yang terpikir adalah dengan membackup semua data ke tempat penyimpanan lain, format ulang harddisk dan restore data kembali.

Thanks Vista… atas segala fitur yang tidak saya butuhkan dan sering membuat saya jenggotan… eh, saya dah jenggotan dari dulu seh :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>