MS Win Vista ScreenShoot
Akhirnya saya memperoleh DVD berisi sistem operasi terbaru milik microsoft, yaitu Microsoft Windows Vista RTM. Penasaran, saya langsung segera melakukan installasi pada notebook Acer TravelMate 3002WTCi saya. Installasi sistem operasi berjalan mulus dan lancar tanpa gangguan yang berarti. Hampir semua komponen hardware dari notebook saya dikenali kecuali MediaCard Reader. Perasaan yang saya temui pada Vista adalah Fresh Look-nya dia. Pada awalnya agak bingung juga dengan perubahan desain dan komposisi, namun akhirnya saya terbiasa setelah beberapa lama menggunakannya. Sayangnya VGA-card Intel GMA900 notebook saya tidak memiliki driver WDDM sehingga berjalan dengan menggunakan driver XDDM sehingga saya tidak dapat menikmati tampilan Windows Aero.
Setelah melakukan installasi sistem operasi tanpa hambatan berarti, sayapun bersemangat untuk melakukan installasi aplikasi developer yang biasa saya gunakan.

VS.NET Enterprise Architect 2003
Ini adalah installasi pertama saya di Vista. Saat gagal menjalankan program setup.exe beberapa kali akhirnya saya secara iseng melakukan klik kanan pada file tersebut. Ternyata disana ada menu baru yang berbeda dengan XP, yaitu “Run as administrator”. Langsung saja saya coba dan program installasi langsung bekerja dengan baik. Walah… ternyata harus begitu toh sekarang. Saat diminta installasi Frontpage Extension mungkin sebaiknya pilih Skip. Setelah itu akan diminta installasi Prerequested. Tidak ada masalah berarti. Setelah selesai installasi barulah Vista memberitahukan bahwa VS.NET 2003 memiliki masalah kompatibilitas. Untuk sementara saya terima dahulu 🙂

MS Visio Enterprise
Installasi Visio yang memang diperuntukkan VS.NET 2003 ini berjalan cukup lancar di awalnya. Jangan lupa menjalankan installasi dengan pilihan “Run as administrator”.

MSDE 2000 SP3A
Pertama kali diinstall, Vista langsung memberikan pesan tentang Kompatibilitas. Seperti biasa sekarang ini saya biarkan terlebih dahulu.

MS SQL2000 Client Tools
Sama seperti installasi MSDE, saya juga mendapatkan pesan tentang kompatibilitas. Dan lagi-lagi saya biarkan terlebih dahulu.

MS Office 2003 Pro
Inilah pertama kalinya installasi program berjalan mulus tanpa hambatan yang berarti.

MS Visio 2003 Pro
Installasi produk ini pun berjalan mulus juga.

MS Project 2003 Pro
Sama saja, yang ini juga tidak ada masalah yang berarti.

VS.NET 2005 Professional
Agak kaget karena ternyata VS.NET 2005 Pro memiliki masalah kompatibilitas. Hal ini agak mengagetkan karena mengingat installasi keluarga MS Office berjalan tanpa hambatan. Namun seperti biasa saya biarkan terlebih dahulu.

Macromedia Dreamweaver MX
Untuk macromedia, sepertinya belum terlihat apakah ada masalah kompatibilitas atau belum pada saat installasi.

MS SQL Server 2005 Client Tools
Seperti biasa, pesan adanya masalah kompatibilitas muncul dan seperti biasa pula saya membiarkannya. Installasi berjalan lancar setelah itu.

Setelah itu saya langsung melakukan cek ke Windows Update dan ditemukan ada 18 buah update tersedia untuk OS dan semua aplikasi microsoft yang aku coba install. Windows Update akhirnya sekarang memiliki pilihan untuk mendownload update setelah diperintahkan oleh saya… akhirnya.
Testing berikutnya yang hendak saya lakukan adalah testing penggunaan aplikasi yang telah saya install tersebut dan mungkin melakukan tweak dan update agar berjalan lancar di Vista. Untuk saat ini saya biarkan dahulu si Vista mendownload update-nya yah 🙂

8 Comments

  1. bisa minta pencerahan ga pa… saya coba instal vista ultimate koq gagal terus seh, gagal nya pada saat expand file cuma sampai 85 % atau cuma 73 % langsung hang berubah jadi bluescreen dengan tulisan ada kegagalan pada software atau hardware disuruh disable memory pada sistem bios terus kalu ga berhasil disuruh pake safe mode tapi tetep aja ga bisa. makasih atas pencerahannya, kalu bisa balas ke email saya ya pa. salam

    senna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *