Slipstream Windows XP Installation dengan Service Pack 3 (SP3) dan SATA Driver

Walaupun Service Pack 1 sudah dikeluarkan untuk MS Windows Vista namun entah mengapa saya masih saja sayang dengan MS Windows XP. Karenanya saya masih menginstall MS Windows XP pada Acer Aspire 4530 saya yang baru. Namun ternyata cukup banyak masalah yang timbul terutama karena installasi Windows XP saya yang masih Service Pack 2 belum dapat membaca Harddisk SATA. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti BIOS Aspire dari AHCI menjadi IDE… namun kok ya kurang puas. Sayapun melakukan update driver Windows XP untuk HDD saya dari IDE ke SATA dari dalam Windows XP langsung dan berakhir dengan penuh suka cita… munculnya Windows Blue Screen.

Dan berhubung gak punya Floppy Disk dan gak berniat membeli, maka satu-satunya jalan paling mudah adalah mengupdate installasi Windows XP saya dengan SATA driver dan Service Pack terakhir bila diperlukan.

Tools dan bahan yang dibutuhkan:

  • nLite dari sini
  • Windows XP Installation Disk
  • Windows XP Service Pack 3 dari sini
  • NVIDIA nForce Serial ATA Controller (DosAHCI) Driver dari sini
  • Intel SATA AHCI Driver dari sini

Setelah semua tools dan bahan lengkap, maka anda bisa memulai proses slipstream ini. Proses slipstream Windows XP tidak wajib dilakukan di Windows XP, karena saya melakukannya di Windows Vista Business dan berjalan dengan baik.

1. Install nLite dengan menjalankan program installasi dan ikuti petunjuk di layar

2. Buka nLite hingga muncul tampilan `Welcome` seperti di bawah ini

3. Klik tombol Next hingga muncul tampilan `Locating the Windows Installation`

4. Masukkan CD Installasi Windows XP ke Optical Drive anda. Klik tombol Browse dan tunjuk ke Optical Drive anda sebagai lokasi Windows installation asli anda. Anda kemudian akan diminta untuk memilih atau membuat direktori tujuan untuk menyimpan hasil modifikasi. nLite kemudian akan mengkopi hampir seluruh isi CD asli anda ke direktori tujuan dan menampilkan status dari Windows Intallation. Klik Next untuk melanjutkan.

5. Pada tampilan `Presets` anda akan dapat meload setting terakhir anda apabila anda sudah pernah menggunakan nLite. Karena ini adalah kali pertama anda, maka langsung saja klik Next.

6. Pada tampilan `Task Selection` ada cukup banyak pilihan task yang dapat anda lakukan. Untuk keperluan saat ini sebaiknya anda hanya memilih:

  • Service Pack
  • Drivers
  • Bootable ISO

Klik Next untuk melanjutkan.

7. Pada tampilan `Service Pack`, arahkan nLite kepada Windows XP Service Pack 3 yang telah anda download sebelumnya dengan menekan tombol Select.

nLite akan melakukan proses Slipstreaming dan tunggu hingga selesai. Perhatikan bahwa sekarang Windows XP sudah menjadi SP3 seperti terlihat di bawah. Klik Next untuk melanjutkan

8. Pada tampilan `Drivers`, kita dapat melakukan integrasi driver SATA dari NVIDIA dan Intel. Jangan lupa melakukan ekstrasi file driver SATA NVIDIA dan Intel terlebih dahulu sebelum anda melakukan ini.

Klik tombol Insert dan pilih Multiple driver folder untuk lebih mudahnya. Pilih lokasi tempat anda melakukan ekstrasi file driver SATA dan klik OK sehingga muncul tampilan seperti di bawah.

Pilih mode Textmode driver dan pilih semua driver untuk berjaga-jaga :D dan tekan OK hingga tampilan `Drivers` akan berubah menjadi seperti di bawah ini. Biarkan bagian lain dan klik Next untuk melanjutkan

9. nLite kemudian akan meminta konfirmasi untuk melakukan proses slipstreaming akhir. Bila tidak hanya mengikuti langkah-langkah di atas maka proses ini akan selesai dalam waktu kurang dari 1 menit dan akan muncul tampilan seperti di bawah. Klik Next untuk melanjutkan

10. Proses terakhir dari nLite adalah membuat Bootable ISO. nLite dapat pula langsung membakar ke CD/DVD bila anda memilih Mode Direct Burn. Namun saya sarankan untuk menggunakan Create Image dan menggunakan perangkat lunak CD/DVD Burning pilihan anda untuk membakar ISO ini ke CD/DVD.

Setelah anda puas dengan pilihan anda, klik Make ISO untuk membuat Bootable ISO anda. Anda akan diminta untuk memilih lokasi dan nama file ISO anda dan kemudian nLite akan mempersiapkan semuanya.

Setelah muncul informasi bahwa ISO file sudah terbuat dengan sukses maka tekan tombol Next hingga muncul tampilan `Customization finished` dan klik tombol Finish.

Dan voila… anda sudah memiliki Windows XP Service Pack 3 Installation Disk dengan SATA driver di dalamnya.

Related Posts

Windows XP SP2 membuat MS SQL Server 2000 tidak dapat diakses
Hari ini adalah pertama kalinya saya bertugas di klien yang merupakan suatu institusi pendidikan. Tugas...
Converting Pentax Optio S5n M4S2 Video file using VirtualDub
Digital Camera (digicam) such as my Pentax Optio S5n and Casio Exilim EX750 with MPEG4 capability is...
Windows Server 2008 di Notebook HP Pavilion DV2100CTO
HP Pavilion DV2100CTO saya memang sudah nyaris menjadi bangkai... teronggok dengan manisnya di pojokan....
Compaq Tablet TC1000
Karena memang maniak teknologi, oleh-oleh dari negeri-nya Ratu Elizabeth untuk istri juga tidak jauh...
Leave a comment

20 Comments.

  1. Kalau Saya mau memformat laptop saya yang tidak mau booting pakai XP apa ya?
    Saya pakai Acer 4530

  2. Pakai XP yang sudah di slipstream dengan SP3 dan Nvidia SATA driver

  3. Saya baru beli acer 4530. saya ingin beljar menginstal sendiri windows xp. bagaimana ya?karena dari kmrn tidak berhasil. sistem os di acer adl linux linpus. boleh minta tolong bagaimana langkah2 installnya? dan apakah untuk install windows xp langsung pake sp3?terima kasih sebelumnya

  4. link untuk dosAHCI(NVIDIA nForce Serial ATA Controller) tidak bisa diunduh, linknya error. Apakah dalam CD installer Acer ada dan bisa digunakan? thanks.

    YudhiPapap

  5. @sweety
    benar bu, agar mudah dan tidak perlu update lagi kita bisa buat Windows XP SP3 Installation disk seperti langkah-langkah saya diatas.
    Atau cukup gunakan Windows XP Installation disk yang dipunya dan masukkan ke optical drive.
    Sebelumnya anda harus masuk ke BIOS acer terlebih dahulu dan dirubah statusnya agar Acer terlebih dahulu membaca DVD sebelum baca HDD.

    @YudhiPapap
    Ada di CD Installer-nya Acer. Link tersebut kadang ada kadang tidak karena memang jalurnya lambat sekali :(

  6. tolong kirimkan driver xp sp3

  7. laptop saia toshiba saelite ver nya lp
    ketika akan saya ganti xp dr vista saat booting dan akan memulai installasi awal. hardisk dinyatakan tidak ada / tidak ditemukan.

    saya bertnya pada salah satu toko komputer katanya ada cd xp khusus. setau saya itu tidak ada.
    lalu ada org yg blg untuk donload nlite. tp saya tdk tau fungsinya.

    gmn cr saya install xp di laptop saya?
    mohon bantuannya..

  8. Kalau sudah install xp dengan setting bios IDE, gimana caranya untuk install driver sata supaya setting bios bisa ke AHCI tanpa install xp dari awal

  9. Install ke acer notebook bisa dgn mengubah ACHI ke IDE dibios, tanpa menggunakan SATA driver tetapi kelebihan sata sepertinya tidak maksimal.
    Sata driver memang bisa di integrated di dgn nlite memang bisa.
    Sata Driver bisa dicari di intel/acer website
    Toshiba notebook seri M600 juga bisa.

    installnya beres.. tetapi utk mengembalikan ke factory default.. jauh lebih pusing lagi..
    kadang recovery CD ngak bisa pakai .

  10. kebetulan acer aspire 4315 terkena malware, di avast kedetect win32podnuha(rtk). si avast nampaknya sudah angkat tangan, so saya reinstall aj si laptop. pengalaman baru install acer dengan SATA-nya. di bios di pilih ide (sebagian orang berhasil)… setelah dikerjakan emang berhasil, tapi cuman sampai set up tahap copy file, setelah restart (dengan sendirinya) ternyata “lima kotak yang berjalan dari kiri ke kanan” di bawah logo terkenal windows itu hanya mampu sampai 2 kali, kemudian berhenti di ujung – alias si “kasihan” laptop hang bin stall.
    tidak menyerah instalasi diulang sampe 4 kali, tetap sama, bahkan setelah instalasi pertama posisi hardisk jadi aneh. sebelumnya partisi sistem C: dan data di E:, setelah c: diformat ulang pada instalasi pertama dan gagal dilanjutkan instalasi ke dua tampaknya disk data (ditunjukkan free spacenya paling dikit) jadi terbaca disk C: dan partisi yang akan diinstall jadi D:…..
    sadar cara yang mudah menjadi malah sulit dan tidak “worked” dan mambingungkan…
    dilanjutkan bikin cd installer (integrated) baru.
    kasus tetap muncul ;-( hik… dua cd xp prof sp 2 digabungkan dengan driver SATA dengan bantuan si manis “nlite”. cd pertama gagal sebelum diendus nlite, saat copy ke folder “desktop windows sp2 yang sehat” file D:\SUPPORT\TOOLSreloaded.dll belum sampai setengah si desktop emoh nglanjutin, diulang sampe 3 kali tetep sama…pusing-lagi…dianggap nanti bermasalah di installasi, rencana berubah……..
    ganti cd ke dua, thanks god, desktop mau nyimpenin semua file cd. setelah baca tutorial nlite dengan seksama akhirnya file iso dapat kesimpan, wow penyiksaan akan segera berakhir.
    tapi ternyata belum, ketika mau diburn pake nero, terlihat file “WinLite.iso”, (koq bentuknya kompresan). sehubungan di tutorial itulah yang dibakar ya bakar aja satu file kompres itu…. tapi koq ga seperti cd instller windows yang normal, perjalanan terus aja ga dinyanya mau booting pake apa mas? tekan sembarang tombol kalo mau pake cd. padahal di bios sudah dipastikan seting hd dipindah dari ide ke aschi lagi, dan 1st booting cd.

    waduh waduh… jadi runyam ginni. mendingan ga diinstall dulu, toh masih bisa digunakan, walaupun sakit.

    minta tolong dong… pencerahannya.

  11. Terima kasih banyak, postingan anda sangat membantu!! Great job!

  12. Belum pernah sih sampe install xp ya di nlite. Cuman bingung waktu sesi terakhir nlite yang make iso/buat iso . Kok jadinya file zip/rar sih . Gimana tuh cara burningnya?

    • i almost lost my xbox info by miakng a partition on it. but didnt. thank god. I did use this product to extract 30 gb’s of mp3 s from a HD that had a needle that would work sometimes and sometimes not. it also had a corrupt nto.skrnl file so after i used this AMAZING product i threw the HD in the trash! (recycled) Great reveiw very informative man

  13. @andikadeny
    xp sp3 bisa didownload dari situs microsoft

    @lavizz
    Ini karena xp tidak mengenali hdd anda yang sata.
    Si penjual toko itu benar karena ada cd xp khusus yang sudah dirubah melalui model slipstream seperti yang dijelaskan oleh saya disini.
    untuk menginstall xp di laptop anda maka either anda masuk ke bios dan rubah HDD-nya ke IDE atau anda mencari membuat cd installasi XP melalui prosedur di atas.

    @dany
    sejauh ini saya tidak pernah sukses

    @bonadog
    setuju

    @krishna & @Nia
    File iso adalah file raw dari isi hdd. Anda harus memindahnya ke cd bukan dengan memperlakukan dia sebagai file, tapi mencari menu `burn image` di software cd burner anda.
    File iso memang bisa dibuka oleh beberapa software kompressor seperti WinRar karenanya memang kadang membuat kita menjadi salah paham.

  14. ane baru beli acer 4530 non os..bagaimana mendapatkan os-nya secara gratis..

  15. klo misalkan CQ35 104TU, mau instal XP, kok gk bisa ya,,

    di bios gk ada pilihan untuk ubah ke IDE (SATA mode nya),
    nah biasa kan klo dr bios gk ada pilihan ubah SATA mode, kan pake USB Floopy atau pake CD XP yg support SATA,
    tapi pake CD support SATA tetep gk bisa (blue screen) dan klo mau pake USB floopy, ternyata setelah “prease any key to boot from cd…” kita press anykey, layar cuma gelap, jd gk msk ke tampilan bios (blue screen load driver xp n format HDD) untuk pencet F6 (load driver dr floopy usb)

    ini kenapa?
    apa tipe ini harus pake Vista? karena klo diinstal pake vista lancar2 aja..

    tq

  16. Nice post !
    Terimakasih untuk tutorialnya.
    Suskes di laptop saya, dualboot sama vista dengan hardisk sata (enhanced mode).

  17. mas saya sudah berhasil instal driver AHCI di xp..permasalahannya ketika shutdown (lebih tepatnya putaran HD berhenti)ada suara ‘clack’ di HD..bila setingannya saya buat IDE hal ini tidak terjadi..di windows 7, vista dgn setingan AHCI juga tidak..kok bisa begitu ya mas? bagaimana menghilangkan itu? thanks

  18. mkasih pencerahan nya ya

  19. Commercial properties must adhere to zoning laws and can include provisions
    set forth inside the Americans with Disabilities Act.

    One reason for the slowing of the commercial real estate market
    can be a concern that there will not be enough capital for the people trying to refinance in 2012.
    Yet, if they pay attention to more top end deals, they may ‘t be the sort of
    broker you are seeking as a smaller investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>