Slipstream Windows XP Installation dengan Service Pack 3 (SP3) dan SATA Driver

Walaupun Service Pack 1 sudah dikeluarkan untuk MS Windows Vista namun entah mengapa saya masih saja sayang dengan MS Windows XP. Karenanya saya masih menginstall MS Windows XP pada Acer Aspire 4530 saya yang baru. Namun ternyata cukup banyak masalah yang timbul terutama karena installasi Windows XP saya yang masih Service Pack 2 belum dapat membaca Harddisk SATA. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti BIOS Aspire dari AHCI menjadi IDE… namun kok ya kurang puas. Sayapun melakukan update driver Windows XP untuk HDD saya dari IDE ke SATA dari dalam Windows XP langsung dan berakhir dengan penuh suka cita… munculnya Windows Blue Screen.

Dan berhubung gak punya Floppy Disk dan gak berniat membeli, maka satu-satunya jalan paling mudah adalah mengupdate installasi Windows XP saya dengan SATA driver dan Service Pack terakhir bila diperlukan.

Tools dan bahan yang dibutuhkan:

  • nLite dari sini
  • Windows XP Installation Disk
  • Windows XP Service Pack 3 dari sini
  • NVIDIA nForce Serial ATA Controller (DosAHCI) Driver dari sini
  • Intel SATA AHCI Driver dari sini

Setelah semua tools dan bahan lengkap, maka anda bisa memulai proses slipstream ini. Proses slipstream Windows XP tidak wajib dilakukan di Windows XP, karena saya melakukannya di Windows Vista Business dan berjalan dengan baik.

1. Install nLite dengan menjalankan program installasi dan ikuti petunjuk di layar

2. Buka nLite hingga muncul tampilan `Welcome` seperti di bawah ini

3. Klik tombol Next hingga muncul tampilan `Locating the Windows Installation`

4. Masukkan CD Installasi Windows XP ke Optical Drive anda. Klik tombol Browse dan tunjuk ke Optical Drive anda sebagai lokasi Windows installation asli anda. Anda kemudian akan diminta untuk memilih atau membuat direktori tujuan untuk menyimpan hasil modifikasi. nLite kemudian akan mengkopi hampir seluruh isi CD asli anda ke direktori tujuan dan menampilkan status dari Windows Intallation. Klik Next untuk melanjutkan.

5. Pada tampilan `Presets` anda akan dapat meload setting terakhir anda apabila anda sudah pernah menggunakan nLite. Karena ini adalah kali pertama anda, maka langsung saja klik Next.

6. Pada tampilan `Task Selection` ada cukup banyak pilihan task yang dapat anda lakukan. Untuk keperluan saat ini sebaiknya anda hanya memilih:

  • Service Pack
  • Drivers
  • Bootable ISO

Klik Next untuk melanjutkan.

7. Pada tampilan `Service Pack`, arahkan nLite kepada Windows XP Service Pack 3 yang telah anda download sebelumnya dengan menekan tombol Select.

nLite akan melakukan proses Slipstreaming dan tunggu hingga selesai. Perhatikan bahwa sekarang Windows XP sudah menjadi SP3 seperti terlihat di bawah. Klik Next untuk melanjutkan

8. Pada tampilan `Drivers`, kita dapat melakukan integrasi driver SATA dari NVIDIA dan Intel. Jangan lupa melakukan ekstrasi file driver SATA NVIDIA dan Intel terlebih dahulu sebelum anda melakukan ini.

Klik tombol Insert dan pilih Multiple driver folder untuk lebih mudahnya. Pilih lokasi tempat anda melakukan ekstrasi file driver SATA dan klik OK sehingga muncul tampilan seperti di bawah.

Pilih mode Textmode driver dan pilih semua driver untuk berjaga-jaga 😀 dan tekan OK hingga tampilan `Drivers` akan berubah menjadi seperti di bawah ini. Biarkan bagian lain dan klik Next untuk melanjutkan

9. nLite kemudian akan meminta konfirmasi untuk melakukan proses slipstreaming akhir. Bila tidak hanya mengikuti langkah-langkah di atas maka proses ini akan selesai dalam waktu kurang dari 1 menit dan akan muncul tampilan seperti di bawah. Klik Next untuk melanjutkan

10. Proses terakhir dari nLite adalah membuat Bootable ISO. nLite dapat pula langsung membakar ke CD/DVD bila anda memilih Mode Direct Burn. Namun saya sarankan untuk menggunakan Create Image dan menggunakan perangkat lunak CD/DVD Burning pilihan anda untuk membakar ISO ini ke CD/DVD.

Setelah anda puas dengan pilihan anda, klik Make ISO untuk membuat Bootable ISO anda. Anda akan diminta untuk memilih lokasi dan nama file ISO anda dan kemudian nLite akan mempersiapkan semuanya.

Setelah muncul informasi bahwa ISO file sudah terbuat dengan sukses maka tekan tombol Next hingga muncul tampilan `Customization finished` dan klik tombol Finish.

Dan voila… anda sudah memiliki Windows XP Service Pack 3 Installation Disk dengan SATA driver di dalamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *