Acer Ferrari One 200

Acer Ferrari One adalah notebook Acer ke-6 yang saya beli baik untuk diri saya sendiri maupun untuk rekan dan keluarga. Notebook ini merupakan notebook Acer terbaru yang saya beli setelah Acer Aspire 4530 tahun lalu. Ferrari One saya belikan untuk istri saya yang hendak melungsurkan Sony Vaio TR2A-nya.

Persyaratan dari istri saya sangat mudah: kecil, ringan namun cukup powerful. Dari persyaratan tersebut, saya sebenarnya memutuskan untuk membeli Dell Inspiron 11z. Namun saat berkunjung ke PC Fair 2009 (III) di KLCC sabtu kemarin (7 Desember 2009), istri agak kurang tertarik dengan Inspiron 11z, dan saat itulah kita melihat Acer Ferrari One 200 di booth salah satu vendor Acer. Dengan harga yang sama dengan 11z namun dengan build yang lebih elegan, akhirnya kami memutuskan untuk membawa satu unit Acer Ferrari One pulang.

Fitur

Acer Ferrari One memiliki yang hampir tidak jauh berbeda dengan Aspire 4530 lama saya :

– Genuine Windows® 7 Home Premium 64bit
– AMD Athlon 64 X2 L310 (1.2GHz, 1MB L2 cache) … Aspire 4530 menggunakan prosessor 2GHz
– AMD M780G Chipset
– LED LCD 11.6” (1366×768)
– ATi Radeon™HD 3200 (128MB up to 2GB HyperMemory) … akhirnya bukan nVidia.
– 4GB Memory
– 320GB HDD
– Bluetooth® 2.1+EDR (Enhanced Data Rate), Wifi 802.11b/g/n
– Acer Crystal Eye WebCam 
– ATI XGP™ connector, Multi-in-1 card reader, Three USB 2.0 ports, External display (VGA) port, Headphone/speaker/line-out jack with S/PDIF support, Microphone-in jack, Ethernet (RJ-45) port, DC-in jack for AC adapter

Express Card/PCMCIA Card, Firewire, serta Optical Drive tidak ditemukan di Ferrari One. Namun saya sendiri menggunakan USB External DVD Writer.

Build-nya sangat kokoh dan elegan namun ringan serta slim. Aspire 4530 atau Vostro 1400 saya terlihat sangat besar dan bulky bila disandingkan dengan Ferrari One. Bahkan Vaio TR2A istri saya terlihat sangat tebal dibandingkan dengan Ferrari One yang slim ini. Beberapa orang mungkin akan kurang tertarik dengan warna merah dari lid-nya yang sangat mencolok mata… namun saya pribadi tidak akan malu membawa Ferrari One nongkrong di Starbuck Cafe. Warna merah ini juga terdapat di seputar VGA Port dan LAN Port serta di sekitar tombol Power.

Yang membuat kaget adalah hampir tidak adanya tanda-tanda LCD tertekan ke dalam saat lid saya tekan dari belakang. LCD Aspire 4530 tertekan cukup dalam saat saya mencobanya dulu. Ini memberikan arti bahwa build dari Ferrari One jauh lebih kokoh daripada Aspire 4530 yang bulky.

LCD dapat terlihat cukup baik dari kiri maupun kanan dengan distorsi yang tidak terlalu berarti bagi saya. Brightness saat full bahkan lebih terang daripada Vostro 1400 saya.

Lampu indikator untuk WLAN, Battery, Power, dan Bluetooth berwarna biru sedangkan lampu indikator HDD, Numlock dan Capslock berwarna putih redup sementara Lampu indikator disekitar tombol Power berwarna merah.

Saat Ferrari One dinyalakan pertama kali, logo BIOS yang muncul adalah gambar mobil F1 dari tim Ferrari dan bukan logo Acer seperti biasa. Dan kita akan disambut bunyi mesin meraung saat pertama kali log on ke Windows 7.

Palm rest dari notebook yang biasanya penuh dengan sticker sekarang menjadi sangat minimalis.

Keyboard-nya sudah chiclet seperti kebanyakan keyboard Acer akhir-akhir ini. Namun dengan ukuran yang jauh lebih nyaman bila dibandingkan dengan netbook seperti Acer Aspire One (yang saya yakin dijadikan sebagai dasar pembuatan Acer Ferrari One ini).

Touchpad sudah mendukung Multi Gesture dan walaupun touchpad button terlihat hanya satu namun sebenarnya terdiri atas 2 button yang di desain seolah-olah satu.

Kompatibilitas

Acer Ferrari One sangat stabil bahkan bila bibandingkan dengan Acer Aspire 4530 yang cukup buggy saat pertama kali keluar. Entah karena dukungan Windows 7 atau karena para insinyur Acer sekarang ini jauh lebih siap ketimbang saat meluncurkan Aspire 4530 tahun lalu. Acer Empowering Technology, driver 64bit dan software-software Acer lainnya berjalan dengan baik tanpa masalah di notebook ini. Sungguh berbeda bila dibandingkan dengan support bagi Aspire 4530 dahulu.

Dan berkat ATi Radeon HD3200, notebook ini cukup mampu untuk menjalankan beberapa game seperti Fallout 3 dan Mass Effect. Namun perlu dicoba untuk lebih memastikannya.

Kesimpulan

Bila dibandingkan dengan netbook, maka notebook ini sungguh jauh diatas rata-rata. Namun harganya pun cukup berbeda jauh… hampir dua kali lipat. Namun bila dibandingkan dengan harga Aspire 4530 saya dahulu, maka harga Ferrari One ini sungguh sangat terjangkau.

Notebook ini juga menjawab keinginan saya untuk tidak lagi menggunakan nVidia karena sudah menggunakan ATi Radeon.

Dengan tampilan yang sungguh catchy serta performa yang tidak memalukan, maka notebook ini layak menempati posisi tersendiri dibandingkan kelas Aspire, TravelMate dan Timeline –nya Acer.

Dapat dikatakan bahwa Acer Ferrari One adalah notebook idaman saya pribadi selama ini… sleek, slim, small, enough power tapi dengan harga yang tidak membuat kantong jebol.

84 Comments

1 2 3 4
  • Pingback: dony isnandi journal » Blog Archive » 2009 Notebook Round-up / History

  • iswan
    8 December 2009 - 2:38 pm | Permalink

    wah kren…
    – 4GB Memory
    – 320GB HDD
    bli brapa wktu it?
    sya liat di website2 dan d toko2 hrganya bda2 ^^

  • 9 December 2009 - 9:21 am | Permalink

    Di bawah 7jt rupiah mas

  • Khairil
    11 December 2009 - 4:15 pm | Permalink

    dimana toko yang menjual produk ini ya Mas?? posisi saya di Makassar..

    terima kasih

  • 11 December 2009 - 10:30 pm | Permalink

    mas khairil, seorang kawan di bandung mengatakan bahwa notebook ini belum tersedia di bandung. mungkin baru awal tahun depan mas.

  • caesar
    12 December 2009 - 12:12 pm | Permalink

    sudah dari awal bulan ini sy main2 ke BEC, Bandung, Ferrari One sudah ada, dibandrol harga sekitar 7,4 juta rupiah. ternyata di m’sia lebih murah ya 🙁

    Mas Dony, sy juga sudah 1 thn ini pakai Aspire 4530 dgn RAM yg sudah ditambah jd 2 GB. Pertimbangan sy dulu milih 4530 a.l. krn pakai AMD (one of the fan…. jg biar murah kali…hehe) dan kartu grafis yg oke (Nvidia), krn sy sering memakai aplikasi grafis –> autocad, sketchup, dll.

    Pengalaman sy pakai 4530 cukup oke. kekurangannya hanya masalah panas yg tinggi kalo sudah dipakai dg aplikasi berat dan lama. sampai beberapa kali mati mendadak karena panasnya. Sekarang sy kombinasikan operasionalnya dengan kipas kecil (via usb) di samping belakang laptop 🙂

    Masalah lain (tp mungkin sgt2 subyektif nih)…kok sepertinya ni laptop makin berat ya… 🙂 Sehingga sy berpikir utk cari netbook sbg laptop kedua, u dibawa2. Tapi sejak dikeluarkannya Ferrari One jd mikir lagi nih. Bgm kalo 4530 dipensiunkan dan diganti ma Ferrari One (maunya sih dua2nya, tp dana membatasi nih). Menurut mas Dony, pantas (worth) ga ya?

    Thx

  • caesar
    12 December 2009 - 12:14 pm | Permalink

    oya, 1 lagi, ferrari one yg di bandung sini hanya dikasih RAM 2GB saja…

  • Piko
    14 December 2009 - 10:27 am | Permalink

    d surabaya nih
    aq beli acer Ferrari one barusan aja 13 desember 2009 ini. tp memorynya hanya 2gb
    en hrgnya 7jutaan
    kbtulan sy liat d situs
    http://www.trustedreviews.com/laptops/review/2009/10/02/Acer-Ferrari-One—11-6in-Netbook/p1
    juga memang seperti itu. Sama persis specnya
    acer Ferrari memang mantab !!!

  • Piko
    14 December 2009 - 10:33 am | Permalink

    ups
    sori
    hddnya ud 320gb
    selebihnya sama

  • dare
    14 December 2009 - 3:39 pm | Permalink

    Mass.. nanya dunk… ketahanan batrena berapa jam??? soalna di sini sering mati lampu seharian (bengkulu)

  • 15 December 2009 - 12:54 am | Permalink

    saya tadi sore juga baru Liat-Liat Laptop (emank niatan beLi sih).
    trus shop keepernya nawarin (rekomendasi’in githu), Acer yang type Ferrary ini.
    waaah, pas pertama Liat (gue banget neeh) ^_^
    tapi tadi cuma ditawarin HDD 250GB, Memory 2GB.
    harganya 7,9 juta
    memang harganya berapa sih.?? emang semahaL itu yaaa.?
    makasih,,
    (niat banget nih punya Ferrari)

  • Yudi Herdiana
    15 December 2009 - 9:10 pm | Permalink

    Mas, mau tanya dong….
    Saya lagi coba untuk Install win XP di Ferrari One saya….
    Saya sudah coba slipstreaming…dan berhasil melewati ‘jebakan’ blue screen… :p

    Tapi saat masuk ke proses instalasi…Harddisk tidak terdeteksi!!! :((

    Kira2…Ferrari 1 ini pake SATA Controller/Driver apa ya Mas?

    Trims Banyak sebelumnya

  • 16 December 2009 - 4:47 am | Permalink

    @caesar
    worthed mas. tahun 2006an saya road warrior menggunakan Travelmate TM3012.. 12″. serasa gak bawa notebook hehe.

    @Piko
    memang mantap ferrari one ini, netbook rasa laptop haha

    @dare
    sejauh ini:
    – browsing, word ~4jam
    – nonton divx ~2jam
    – game ~1.5jam

    @bluch
    Tipe Ferrari adalah premium brand dari Acer. Jadi selalu lebih mahal dari kelas setara. Tapi design dan build quality-nya sebanding dengan harganya. Tapi harga di Indo memang lebih mahal dibanding harga di M’sia

    @Yudi
    Mas, agak sukar juga mencari driver XP-nya. Coba buka AMD Support untuk Motherboard M780G di http://support.amd.com/us/psearch/Pages/psearch.aspx?type=2.7&product=2.7.4.3.3.3.1&contentType=Tech+Download+Chipset+Motherboard&ostype=&keywords=&items=20

  • Alberto
    22 December 2009 - 5:29 pm | Permalink

    Mas mau tanya nih di Acer Ferrari one gunanya external port VGA buat apa ya? apakah bisa buat VGA card tambahan supaya kinerja kartu grafis jadi lebih baik?

  • 29 December 2009 - 12:13 am | Permalink

    mas alberto, betul mas. itu external port khusus dari ATi

  • mudi
    6 January 2010 - 2:29 am | Permalink

    makasih saranya mas xdonie saya udah beli f1 200,ok buangetttt
    untuk menggantikan acer TM 6292 saya. kebetulan diambil teman saya yg namanya maling hehehe….
    d samarinda harga 7.6 sekian.
    ram 2G
    HD. 320G
    ada bocoran ga dimana saya bisa beli XGP Acer F1 200 dan kira-kira harganya berapa? kerna di kota saya dan sekitarnya belum tersedia dan kebutuhan akan grafis terus terang saya sangat memerlukan

    trims….

  • omar
    7 January 2010 - 5:57 pm | Permalink

    mas,aku baru beli acer ferrari 200.
    mslhnya,kok baru dipake 20 mnt tiba2 laptop mati sendiri.knp ya?

  • irvan
    7 January 2010 - 10:03 pm | Permalink

    Kemaren aku baru saja membeli netbook ferrari FO200…tapi OS langsung aku tukar jadi OS XP …
    tapi aku keulitan dalam mencari driver LAN…BLUETOOTH…..VGA……aku butuh bantuan mas……buat sapa saja tolong aku dalam mencari driver nya…….terima kasih sebelum nya MAS……
    nb: bagi yang sudah ketemu PM aza ke ipoy_1234 ( Yahoo Messenger ) thanks

  • Bevandy
    10 January 2010 - 7:08 pm | Permalink

    Mas, dgn hrga segitu dpt bonus apa aja? Trus, eksternal dvd rw nya optional ato bonus? Pgn banget niy mas, mo jual hp ku dlu. bagi info ya mas, buat negoin hrga, biar dpt yg super murah…

  • 11 January 2010 - 12:45 pm | Permalink

    @mudi
    XGP-nya sepertinya baru akan release tahun ini mas. Kelasnya Mobility HD5870. Ini bakalan jadi monster GPU nih.

    @omar
    itu seharusnya tidak terjadi mas. coba di charge ulang sampai full (jangan dipake dahulu).

    @irvan
    punten mas, tapi sepertinya driver-drivernya sudah tidak support xp lagi.

    @Bevandy
    external dvd-rw-nya optional
    bonus-nya standard, tas, laptop cooling, mouse, pembersih lcd, keyboard vacuum.

  • harto
    15 January 2010 - 8:03 pm | Permalink

    Kalo nambah RAM yg 2G jadi 4G untuk Ferrari One 200, kira2 biayanya berapa ya,.. ?

  • musyawir
    17 January 2010 - 5:20 am | Permalink

    mas aku beli acer ferrari one 200. kenapa berat ya untuk maen di PhotoShop C3. begitupun untuk buka gambar mohon bimbingannya apakah ada cara lain untuk mempercepat kinerja laptop acer ferrari one untk multimedia
    salam
    musyawir timika papua

  • 22 January 2010 - 11:55 am | Permalink

    @harto
    Harusnya dibawah 500rb ya

    @musyawir
    cara paling cepat dan murah dengan menambah memorinya ke 4GB. Lalu aktifkan fitur penggunaan graphic card-nya agar si Photoshop mengutilisasi ATi bawaaan ferrari one.

  • Agung
    22 January 2010 - 4:33 pm | Permalink

    Mas doni, waktu itu beli dmn, kok bs beli dgn harga dibwh 7 jt? Kira-kira ada referensi toko yg lebih murah n terjamin gak mas? Thx.

  • 22 January 2010 - 6:07 pm | Permalink

    mantep bos, gue juga pake

  • 1 2 3 4

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *