Hari Selasa tanggal 3 April 2007 kemarin (yang sempat tertunda satu hari karena rencananya dilakukan pada hari Senin 2 April), akhirnya saya melakukan Akad Kredit untuk rumah kami di Pesona Cilebut. Akad yang sangat terburu-buru dikarenakan dengan rencana keberangkatan saya ke London yang juga sangat terburu-buru.

Akad Kredit ini dilakukan di Bank Niaga Bogor dan disaksikan oleh istri, pihak bank, pihak developer (Mitra Cemerlang Prestasi) dan tentu saja dari notaris. Cukup banyak juga yang harus saya siapkan, antara lain:

  1. Biaya Akad Kredit: Provisi (1% dari jumlah kredit), Administrasi, Biaya OnHold serta Asuransi Kebakaran dan Jiwa. Pada saat saya akad ini, biaya administrasi dan OnHold ditiadakan sehingga saya hanya membayar 2juta rupiah lebih sedikit.
  2. Biaya Notaris: Standardnya kurang lebih 1.5juta rupiah. Mungkin tergantung kota
  3. Biaya Peningkatan Status dari HGB ke SHM. Untuk saya dikenakan 800ribu rupiah
  4. Fotokopi KTP saya 5 lembar dan istri 3 lembar
  5. KTP Asli Saya dan Istri
  6. KK Asli
  7. Buku Nikah Suami dan Istri
  8. 16 lembar Materai Tempel Rp 6000

Sebelum akad, saya dan istri menyempatkan diri untuk menengok lokasi rumah di pagi hari. Dan kami menemukan beberapa hal yang sangat mengecewakan dari pembangunan rumah kami, antara lain lantai yang bergelombang, keramik yang pecah, dinding yang retak dan sambungan kusen pintu dengan dinding yang tidak rapih. Sungguh bukan kualitas “real estate” tapi perum. Sehingga kami jadi agak ragu untuk melakukan akad. Belum lagi hari kemarinnya muncul keluhan di Surat Pembaca Kompas dari sesama pembeli rumah di Pesona Cilebut mengenai kualitas rumahnya serta klaim garansi yang tidak pernah digubris. Namun ternyata tetangga sebelah kami sudah melakukan renovasi rumah dengan tanpa ragu-ragu… padahal itu artinya dia tidak bisa melakukan klaim garansi ke “developer”. Namun dari obrolan-obrolan, klaim garansi biasanya hanya ditambal… karena manalah mungkin mengganti semua lantai yang bergelombang agar rata kembali duh 🙁
Namun akhirnya kami melaksanakan juga akad kredit, hal ini terutama setelah melihat tetangga sebelah kami dan kami yakin bahwa ini rumah merupakan investasi yang bagus mengingat lokasinya. Istri dan saya seh menginginkan rumah dengan halaman yang luas, yah minimal memiliki luas lahan 1000 meter persegi deh 😀
Pada saat akad kami utarakan beberapa hal mengenai kualitas bangunan. Dan pihak developer memberikan janji-janji manisnya bahwa bila bagian teknik tidak menggubris permintaan garansi kami maka kami diminta segera memberitahu mereka agar mereka dapat segera menegur bagian teknik. Hehehe.. kami memperoleh info dari sales kami bahwa pimpinan mereka sedang mempush mengenai masalah garansi ini, yah kemungkinan pimpinan Mitra Cemerlang Prestasi pasti membaca surat pembaca Kompas dong.
Bismillah, semoga rumah ini menjadi berkah bagi kami sekeluarga. Amiiin.

30 Comments

  1. Salam kenal Bpk/Ibu Penghuni Pescil 2

    Hari minggu kemarin saya baru liat lg lokasi, saya calon penghuni Blok GB01-03. Stlh saya liat, blok saya masih berupa tanah kosong, katanya sih pembangunannya masuk tahap ke-6. Pdhl dulu katanya rumah sdh bisa akad sekitar bulan juli ’09. Truss yg mau saya tanyakan sdh banyak ga penghuni Pescil 2? soalnya kmrn saya liat belum tllu banyak yg menghuni apa krn saya tdk keliling2.Mksh atas jawabannya.

    @susy
  2. sekadar informasi: sebuah saluran komunikasi bagi konsumen rumah yang kecewa terhadap pengembang baru dipublikasikan, yakni masalahrumah [dot] com.
    ===
    PAKSA DEVELOPER TANGGAPI KOMPLAIN ANDA
    masalahrumah-dotcom —MEDIA KOMUNIKASI antara konsumen rumah dengan pihak pengembang: Kirim keluhan Anda, Redaksi akan menghubungi pihak pengembang agar menanggapinya. PANDUAN AKURAT bagi calon konsumen rumah: Sebelum bertransaksi, periksa dulu di sini kredibiltas pengembang calon rumah Anda, banyakkah mendapat keluhan?; bagaimana mereka menanggapi keluhan itu?; dsb.— masalahrumah-dotcom

  3. Jual Rumah Tinggal di Perumahan Pesona Cilebut I Kab. Bogor Jawa Barat Jan 17, ’10 7:20 AM
    for everyone
    Jual Rumah Tinggal di Perumahan Pesona Cilebut I Kab. Bogor Jawa Barat

    Salam, Rumah kami yang berada di Perumahan Pesona Cilebut I Kab. Bogor Jawa Barat akan di jual karena kami sekeluarga akan pindah ke tempat di mana kami di tempatkan oleh kantor kami bekerja di daerah yang mudah terjangkau dari kantor kami berada

    adapun spesifikasi rumah kami adalah :

    Rumah KPR – BTN di Perumahan Pesona CIlebut I
    Mempunyai Sertifikat Hak Milik / Ijin Mendirikan Bangunan / Pajak Bumi dan Bangunan
    Menghadap matahari terbit
    Pemandangan Gunung Salak
    Sebelah kanan adalah taman
    Type : Luas Bangunan 64 m2 ; Luas Tanah 160 m2
    Kamar Tidur 2
    Dapur Kering
    Kitchen Zinc / Tempat Mencuci Piring
    Ruang Makan
    WC Duduk
    Listrik 1300 watt
    Sumur Bor / Semi Jet Pump [ air bagus dan tidak bau ]
    Tempat Sampah Pribadi
    Pagar tinggi bisa di stel maju mundur apabila ada mobil panjang atau pendek
    Car Port 1 buah mobil

    Kelebihan :
    Dekat sekali dengan Sta. Kereta Api Sta. Cilebut Bogor
    Akses Kendaraan Umum 24 Jam
    Sangat Aman karena di dukung Satuan Pengamanan yang ketat 24 jan
    Udara Segar dan Sejuk setiap Hari
    Siap Huni sekarang juga/segera

    Lokasi strategis :
    100m dari ST. KA Cilebut (dilalui KA express & ekonomi)
    5 menit dari BORR (Bogor Outer Ring Road) menuju pintu tol Sentul Selatan
    10 menit dari pusat kota Bogor
    Dekat Pusat Belanja (Hypermart, Giant, Yogya, Ramayana), Kampus (Univ. Ibnu Khaldun, IPB) & Sekolah, Rumah Sakit (RSIA Hermina, RS. Azra, RS. Karya Bhakti)
    Angkot 24 jam
    Rapi & siap huni
    *** Harga Nego ***

    Minat Silahkan Kirim Email ke : Jualrumah.tinggal@gmail.com

    atau telepon/sms ke 0 8 9 7 8 8 9 9 0 0 7

    Buka Foto di sini :

    http://jualrumahtinggal.multiply.com/photos/album/1/Rumah_Perumahan_Pesona_Cilebut_I_Kab._Bogor_Jawa_barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *