Hari Selasa tanggal 3 April 2007 kemarin (yang sempat tertunda satu hari karena rencananya dilakukan pada hari Senin 2 April), akhirnya saya melakukan Akad Kredit untuk rumah kami di Pesona Cilebut. Akad yang sangat terburu-buru dikarenakan dengan rencana keberangkatan saya ke London yang juga sangat terburu-buru.

Akad Kredit ini dilakukan di Bank Niaga Bogor dan disaksikan oleh istri, pihak bank, pihak developer (Mitra Cemerlang Prestasi) dan tentu saja dari notaris. Cukup banyak juga yang harus saya siapkan, antara lain:

  1. Biaya Akad Kredit: Provisi (1% dari jumlah kredit), Administrasi, Biaya OnHold serta Asuransi Kebakaran dan Jiwa. Pada saat saya akad ini, biaya administrasi dan OnHold ditiadakan sehingga saya hanya membayar 2juta rupiah lebih sedikit.
  2. Biaya Notaris: Standardnya kurang lebih 1.5juta rupiah. Mungkin tergantung kota
  3. Biaya Peningkatan Status dari HGB ke SHM. Untuk saya dikenakan 800ribu rupiah
  4. Fotokopi KTP saya 5 lembar dan istri 3 lembar
  5. KTP Asli Saya dan Istri
  6. KK Asli
  7. Buku Nikah Suami dan Istri
  8. 16 lembar Materai Tempel Rp 6000

Sebelum akad, saya dan istri menyempatkan diri untuk menengok lokasi rumah di pagi hari. Dan kami menemukan beberapa hal yang sangat mengecewakan dari pembangunan rumah kami, antara lain lantai yang bergelombang, keramik yang pecah, dinding yang retak dan sambungan kusen pintu dengan dinding yang tidak rapih. Sungguh bukan kualitas “real estate” tapi perum. Sehingga kami jadi agak ragu untuk melakukan akad. Belum lagi hari kemarinnya muncul keluhan di Surat Pembaca Kompas dari sesama pembeli rumah di Pesona Cilebut mengenai kualitas rumahnya serta klaim garansi yang tidak pernah digubris. Namun ternyata tetangga sebelah kami sudah melakukan renovasi rumah dengan tanpa ragu-ragu… padahal itu artinya dia tidak bisa melakukan klaim garansi ke “developer”. Namun dari obrolan-obrolan, klaim garansi biasanya hanya ditambal… karena manalah mungkin mengganti semua lantai yang bergelombang agar rata kembali duh 🙁
Namun akhirnya kami melaksanakan juga akad kredit, hal ini terutama setelah melihat tetangga sebelah kami dan kami yakin bahwa ini rumah merupakan investasi yang bagus mengingat lokasinya. Istri dan saya seh menginginkan rumah dengan halaman yang luas, yah minimal memiliki luas lahan 1000 meter persegi deh 😀
Pada saat akad kami utarakan beberapa hal mengenai kualitas bangunan. Dan pihak developer memberikan janji-janji manisnya bahwa bila bagian teknik tidak menggubris permintaan garansi kami maka kami diminta segera memberitahu mereka agar mereka dapat segera menegur bagian teknik. Hehehe.. kami memperoleh info dari sales kami bahwa pimpinan mereka sedang mempush mengenai masalah garansi ini, yah kemungkinan pimpinan Mitra Cemerlang Prestasi pasti membaca surat pembaca Kompas dong.
Bismillah, semoga rumah ini menjadi berkah bagi kami sekeluarga. Amiiin.

30 Comments

  1. eh waktu akad kredit kemarin, gua gag diharuskan bawa:
    1. enambelas lembar materai. karena sudah disiapkan pihak bank
    2. buku nikah. karena belum nikah
    3. fotokopi ktp. karena difotokopikan oleh petugas dari developer

    gua belum apgret ke shm. tapi kata notaris, biaya adm. notarisnya aja 1jeti. jadi total apgret ke shm 1jeti ples sekian (blum tau, blum sempat dihitung)

    kalau ditotal (termasuk provisi, dll) dan kecuali apgret ke shm kurang lebih nambah 10% dari harga rumah *demn, pecahin celengan*

    eh, janji2nya developer kalau bisa diikat dengan surat. ada surat perjanjiannya kan? tanpa bermaksud berburuk sangka, mulut manis para sales itu gak bisa dipegang bro..

    eh.. ajak2 ke inggris dong. ada yang kosong? :mrgreen:

  2. Mas, mo tanya nich …total biaya KPR berapa ya ? Informasi dari mbak kiki PT. Mitra Cemerlang Prestas biasanya sebesar 8% dari total kredit ( KPR ) yang disetujui oleh Bank. Ma kasih untuk informasinya

    Salam

    Lina

    Lina
  3. Mbak Lina, total biaya KPR yang dikeluarkan adalah:
    1. Total Biaya Niaga 2.1jt
    2. Biaya Notaris 1.5jt
    3. Biaya Apgred SHM 800rb
    4. Biaya lain-lain (hiks.. lo enak banget zil) 100rb
    Jadi Total Jendral 4.5jt

  4. Pak Donie,

    5 taon yang lalu, Upgrade HGB ke SHM cuma 250 rebu (saya di Bumi Pertiwi , arah sebrang Stasiun)

    kok sekarang mahal amit …? 800 rebu…?

    tapi saran gue, mending ikut upgrade sekalian, daripada entar repot ngurus sana sini…..

    beberapa temen yg dulu bilang mo upgrade sendiri, sekarang nyesel dengan kerepotan ngurus upgrade nya

    Heri
  5. Pak, kalau saya baru akad kredit tgl 13 april kemarin. Saya sempat utarakan komplain dari Surat Pembaca Kompas. Mbak Kiki dari developer pusat kasih masukkan kalau kita komplain, bagusnya dibikin 2 atau 3. Yg satu buat Pak Nana bagian komplain, 1 buat kita, satu lagi buat Marketing/Kantor Pusat.
    Seneng deh sudah mulai banyak ‘kenal” tetangga. Apalagi sama2 di Blok C-02.
    Oh iya, saya punya saran buat Pak Isnandi, kalau pas ga sibuk, tolong bikin milis Pesona Cilebut dong… Bisa buat sharing bangun rumah, denah rumah, cari pemborong, cari toko bangunan murah, dll.
    Mumpung masih pada jadi tetangga baru, sekalian buat ajang kenalan 🙂

    Salam,
    Indrarti

    indrarti
  6. saya mau tanya nih? kmrn saya di tawari teman untuk rumah di pesona cilebut tahap 2..saya punya pengalaman buruk dalam hal perumahan dan pernah ditipu oleh pengembang. saya mau bertanya beberapa hal sebelum melanjutkan kredit di pesona cilebut.
    1. apakah benar perusahaan PT. Mitra cemerlang prestasi yang membuat pesona cilebut 2?
    2. ketika saya lihat ke lokasi masih berupa hamparan tanah dan rumahnya belum dibangun, apakah teman-teman yang srkng dah akad kredit awalnya juga begitu?
    3. akad kredit itu dilakukan setelah apa? setelah rumah jadi? atau setelah UM (uang muka lunas)?
    4. biasanya berapa bulan dari proses awal kita menyerahkan UM rumah yang kita pesan akan dibangun?

    pandu
  7. Saya mo tanya juga seperti pertanyaan bapake Pandu, apakah Mitra Cemerlang prestasi termasuk pengembang yang nakal atau tidak. Karena saya agak takut dengan hal tsb, dan mengenai hamparan tanah yang masih kosong… bagaimana serta kapan kira2 saya dapat mulai mengecek proses pembangunannya…???

    Dbowo
  8. hmm… sebetulnya kalo nakal sich enggak artinya rumah akan dibangun.. hanya saya lumayan jengkel dengan mutu bangunannya. spesifikasi yang disebutkan di brosur sama sekali tidak sama dengan kenyataannya. 🙁

    bookonlineworm
  9. saya jg mao nanya seperti yang ditanyakan mas pandu nih, secara mau ambil juga disana yang tipe kecil2an 36 lah (cuma baru bayar tanda jadi aja), masalah kualitas rumah, cuma baru liat rumah contoh yang didepan itu dekat gerbang. ga mikir invest atopun apa, cm pengen aja punya rumah sendiri (FYI I’m 23 years old dan bener2 ngeblank soal urusan kredit pengkreditan rumah kya’ gini, takut ditipu juga sih 🙁

    Penegasan juga nih, akad itu dilakukan setelah Uang Muka yg katanya dicicil 10kali itu selesai kan’?!

  10. Numpang tanya pak, saya didik,26 thn, jujur saya jg blm tau perihal beli rmh. Kemarin saya udah setor uang muka yg ke 2 di perum cilebut 2, setelah saya baca pengalaman sdr2 sy jd takut kalo benar kualitas bangunannya tdk bgs. Soalnya rmh cthnya bgs bgt. Minta tlg tips2 utk saya. Tks

    Didik
  11. @Pandu
    1. Benar
    2. Akad kredit bisa dilakukan apabila sudah ada pendukung ke lokasi (PAM, Listrik dan Jalan) serta Uang Muka lunas. Bank biasanya tidak mau melakukan akad apabila pendukung belum ada kecuali kita sebagai customer memaksa (misal dengan ttd bahwa PAM, Listrik dan Jalan sudah ada)
    3. Lihat 2
    4. Biasanya 4-5 bulan dari sebelum cicilan DP lunas

    @bookonlineworm
    benar pak, mutunya sangat rendah
    tapi sepertinya itu menjadi umum di pengembang2 menengah ke bawah seperti pt. mitra.

    @mademoizell3
    betul. akad baru dilakukan setelah cicilan selesai dan rumah jadi. pastikan rumah jadi dan sesuai dengan harapan. bila tidak, jangan segan-segan membatalkan dan meminta kembali uang muka secara full.

    @Didik
    Pak Didik dan rekan-rekan lain, banyak juga kok penghuni dan calon penghuni yang mengalami hal ini. Dan mereka banyak memberikan tips-tipsnya di mailing list pesona cilebut. Cobalah bergabung dengan mengirimkan e-mail kosong ke pesonacilebut-subscribe@yahoogroups.com

  12. Salam Kenal Bapak2 Penghuni Pescil2
    Mohon bantuan informasinya kebetulan aku ambil di Blok IB04 rencana akad katanya kira2 bln maret tapi wkt saya tanya ttg PLN baru baru akan dipasang stelah akad? trus brp lama PLN akan dipsg stlh Akad?Atau saya tunda akdnya sampai Listrik sudah terpasang?
    Atas Bantuan Bpk2 saya ucapkan trima kasih
    Wassalam
    Ajat .S

    Ajat S
  13. Salam kenal,
    saya mohon infonya tentang pesona cilebut 2. Karena saya baru setorkan tanda jadi/booking fee untuk perumahan pesona cilebut 2 blok DB. Untuk biaya kpr saya diberitahukan sekitar 7% dari jumlah kpr, sedangkan untuk upgrade SHM 1 juta, yang berarti upgrade SHM diluar biaya KPR. Saya mohon informasinya, apakah pesona cilebut 2 ini hanya janji2 manis saja atau tidak.

    etha
  14. saya baru akad kredit , biaya kpr sekitar 8% bukan 7%, upgrade SHM benar 1jt.untuk komplain menurut saudara saya yg lebih dulu akad kredit langsung di kerjakan kok !! pihak pengembang juga cukup membantu , sabtu besok saya akan ambil kunci dan check kondisi bangunan ! mudah mudahan ngak ada yg mengecewakan !!!

    rully firm
  15. Salam Kenal
    sy.penghuni Blok JB01-04.baru akad tggl 19-02-09.kira-kira dh banyak yang huni gak yah..sy sich pengen scpatnya pindah.
    Smga penghuninya ramah-ramah dan penuh rasa kekeluargaan.amin

    haris
  16. @shanty
    bisa di cek di milis bu. pescil1 sudah semakin ramai dan semakin `ramah` penghuni. pescil2 sudah mulai

    @willy
    menurut informasi di milis, air di pescil2 cukup bagus

    @Ajat & aji
    informasi di milis PLN di pescil2 sudah mulai dipasang

    @etha
    Developer hanya diijinkan memiliki sertifikat HGB, untuk meningkatkan status dari HGB ke SHM adalah keputusan dari pemilik rumah dan memang diluar KPR.

    @rully firm
    bagaimana kondisi pak?

    @haris
    selamat datang di pescil2. jangan lupa bergabung di milis ya pak. banyak informasi berguna loh disana.

  17. Cara gabung di milisny gmna pak.
    sy ma kasih masukan buat pengembang:
    TOLONG PAGAR PEMBATAS DENGAN PENDUDUK SEKITAR DI BLOK JB & SEKITARNYA SEGERA DITUTUP.Karena penduduk sekitar dari anak-anak smpai dewasa banyak berkeliaran.INI Demi Keamanan Kompleks Pak!!
    Ketika kemarin sy nengok rumah di JB01-04.

    HARIS AHMADI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *