Acer Aspire 4530 adalah notebook generasi ke 8 saya selama hampir 10 tahun berkecimpung di dunia IT Professional. Notebook ini saya beli di Malaysia sini pada saat PC Fair Malaysia yang tidak manusiawi itu loh. Pertimbangan saat membelinya adalah harganya yang cukup murah yaitu di bawah RM2000 dengan fitur yang cukup mumpuni diantara notebook sekelas.

Fitur

Acer Aspire 4530 datang dengan fitur standard:

  • AMD Turion X2 RM70 (2GHz, 1MB L2 cache)
  • Nvidia GeForce 9100M G, integrated Graphics Card yang jelas jauh diatas kelas Intel X3100
  • 1GB RAM (Max 4GB)
  • 160GB HDD SATA
  • DVD Super Multi DL SATA
  • 802.11b/g WLAN
  • Bluetooth 2.0+EDR
  • 14.1" Wide CrystalBrite LCD 1280×800
  • Acer Crystal Eye WebCam

Saya sendiri kemudian mencopot RAM 1GB dari HP Pavilion saya yang rusak dan menambahkannya ke Acer setelah mendapat konfirmasi dari pihak service center Acer bahwa tindakan saya tersebut tidak menghilangkan garansi mereka.

Semua konektifitas ada kecuali Firewire yaitu LAN, Modem, 3xUSB2.0, MMC/SD/xD/M2Pro Card Reader, Express Card dan VGA Out. Untuk Firewire bisa dipecahkan dengan membeli ExpressCard berisi Firewire.

Built-nya cukup kokoh namun HP Pavilion memang terlihat lebih mewah. Keyboard nyaman sementara mousepad bahkan lebih TOP daripada HP Pavilion. Salah satu fitur lain yang saya suka dari notebook Acer adalah adanya Function Key yang bisa mematikan backlit dari LCD. Warna dominan Aspire ini adalah hitam, berbeda dengan warna Aspire beberapa waktu lalu yang putih. Namun saya menyukainya karena bersifat lebih elegan. Lampu LED-nya pun masih dominan warna kuning yang tidak menyilaukan mata seperti lampu LED-nya HP Pavilion.

Notebook ini saya perlengkapi dengan asuransi dari TechSecure untuk jangka waktu 1 tahun. Satu-satunya kelemahan yang saya rasakan adalah LCD-nya tidak bisa dibuat sejajar hingga 180 derajat. Maksimalnya hanya mencapai 100-110 derajat.

Kesimpulan

Overall tingkat kepuasan di atas rata-rata. Tidak ada komplain yang berarti walaupun Notebook ini tidak secepat notebook tercanggih yang ditukangi Intel Centrino 2. Namun kombinasi harga dan fitur, notebook ini lebih unggul daripada notebook lain seharga sub RM2000.

Apalagi bila membandingkan kartu grafis, dimana notebook ini menggunakan Nvidia GeForce 9100M G sementara lawan-lawannya menggunakan Intel X3100. Gak sebanding bok. Ya, saya tahu bahwa Nvidia adalah biang kerok HP Pavilian saya. Namun ketidak adaannya produk kombinasi AMD+ATi lah yang memaksa saya memilih pasangan AMD+Nvidia di notebook ini.

186 Comments

  1. @bayu
    installasi sound device langsung dengan menjalankan setup.exe dari CD bawaan Acer. Jangan dari Device Manager-nya windows

    @tomtom
    Ke Device Manager-nya Windows, dan cari Ethernet Card. Klik kanan dan pilih update driver. Masukkan CD bawaan Acer dan minta Windows untuk mencari driver dari CD tersebut.

    @teguh
    wah.. syukur mas. akhirnya ada juga orang yang sukses install linux di Aspire4530

    @I-can
    harganya yang gak nahan mas 😀

    @prima kurniawan
    Update BIOS-nya ke v1.3331.

    @wahyu hendra
    Maksudnya dengan harga setara dengan prosessor AMD dan integrated GPU nVidia atau AMD?
    Bisa cek HP Compaq seri Q (bila tidak salah). Hanya saja nVidia-nya seri 8000 sedangkan Aspire 4530 ini nVidia-nya seri 9000.
    Untuk prosessor Intel sepertinya tidak bisa dibandingkan. Karena dengan dalam harga kisaran ini anda benar-benar mendapatkan low class dari Intel.

  2. mas, mo nanya ni.kq a.4530klo sdng standby, gk bs d hdpkn lg dgn tmbl power.jd terpaksa hrs d matiin dl.wktu saya tnya k toko t4 saya beli, kt teknisinya itulh slh 1 kekurangan a.4530..ksh solusi dong…

    u_ghie
  3. @u_ghie
    ah.. iya, saya juga pernah mengalaminya.
    saran saya matikan fungsi standby dan langsung ke hibernate saja. loading windows di Aspire 4530 cepat kok

    @stanis
    mungkin rekan-rekan lain yang tinggal di Indo bisa membantu?

    @yogi
    RAM tidak akan berpengaruh ke speaker. kemungkinan itu kerusakan hardware.. langsung kunjungi Acer Service Center saja mas.

  4. saya mw tanya nie,
    Bios itu ap n untuk ap?
    ubuntu, ACHI n IDE itu ap ya? n gunanya?
    A4530 bagus ga buat jalanin photoshop?

    maklum ni saya awam banget soal laptop, n baru pertama x mau beli, n saya c udah cek” yg sesuai sm dana, n ky na a4530 cocok buat saya, mknya sy mw cr tw dlu soal ni laptop, biar ga nyesel nti na, Thx ya, moga d jawab ^^v peace

    rendy
  5. salam kenal aq newbie nih!!!
    aq baru beli nih leptop 3 hari yang lalu!!!
    sejauh ini ga ada masalah di install ama lain laine…
    trus aq mo nambah ram jadi 2gb, trus kalo ditambah ma 512MB dari pabrikan bisa ga?
    jadinya 2GB+512MB!!!

    oka
  6. salam kenal.. 4530 nya aku beli tp pas install-install kok wireless nya ga bisa ya? aku pake win xp sp2, gmn ni mas,hehe.. aku bingung. apa aku harus download lg ato gmn.. terima kasih..

    andres
  7. @Bastian
    Dari spesifikasinya mendukung dual channel. Tapi saya sendiri belum pernah mencobanya

    @alfredo
    Agar aman, masuk ke Windows Safe Mode. Jalankan WinFlash dari situ. Ikuti petunjuk di aplikasinya

    @rendy
    BIOS adalah tools agar bisa berkomunikasi dengan hardware
    ubuntu nama operating system
    AHCI/IDE adalah nama tipe dari harddisk. Harddisk jaman sekarang kebanyakan sudah AHCI. Tapi installasi Windows XP biasanya belum memiliki driver AHCI.
    A4530 bagus kok buat grafis. Pasang memori minimum 2GB agar puas.

    @oka
    Harusnya bisa dan tidak masalah. Tapi perhatikan Clock setting dari kedua RAM itu. Kalau bisa dicari agar merk-nya sama. Karena perbedaan clock bisa memicu ketidakstabilan OS.

    @Galan
    rewelnya kenapa nih?
    Tidak bisa baca disk?
    tidak bisa bakar disk?

    @andres
    Wireless-nya sudah diaktifkan? Bila belum, coba tekan tombol Wireless yang ada di sebelah kiri keyboard.
    Sebelum installasi wireless, install dahulu Acer Launch Manager

  8. Halo,
    saya beli acer 4530 seminggu lalu, baru dicoba tapi wlan nya nggak bisa diinstal baik pakai xp atau vista, dikembalikan ke toko dan ternyata semua barang 4530 yang datang punya keluhan yang sama..setelah 3 hari dikabari toko lagi bahwa sudah ada perbaikan dari acer nya..dikasih cd driver wlan terbaru, tapi baru versi xp, tertulis di sini atheros ar92saya 8x, apakah benar ini driver wlan nya? sudah dicoba sih bisa buat koneksi internet..hanya kalau menggunakan acer enet management, kok nggak bisa ya, tertulisnya tidak ada network adapter terinstal..atau salah instal empowering technologinya ya? mohon pencerahan, kalau bisa japri, tks alot
    wahyu pamungkas

    wahyu pamungkas
  9. Mas doni atau temen2 yg lain mohon bantuannya dunk. Gw baru aja beli acer 4530. Lumayan dolar naik tapi dapat harga lumayan miring. Gw instal XP SP2 dan RAM 2,5 GB. Tapi masalahnya waktu baru pertama kali gw pake, kinerjanya cepet banget. Setelah beberapa hari (sekitar 7 hari) kinerjanya gw rasain menurun. Waktu gw liat dg software cpuz versi terbaru (versi 1.48), kecepatan cpunya naik turun tapi lebih sering 1 GHz, emang terkadang 2 GHz tapi jarang banget. Pernah gw coba buka 2 aplikasi sekaligus trus gw buka cpuz, tetep kecepatannya cuma 1 GHz. Temen2 yg lain ngalamin hal yg sama ma gw ga, masak buka office 07 aja agak lama. Atau gw perlu update bios tapi gimana cara update bios ya, msk safe mode pencet tombol apa ya? Please gw harap mas doni ato temen2 bisa kasih solusi. Thanks

    Denfri
  10. @wahyu pamungkas
    WLAN yang digunakan oleh Aspire 4530 ini memang Atheros AR5007EG. Untuk empowering technologinya memang banyak yang tidak sesuai untuk Aspire4530. Jangan lupa untuk install Launch Manager-nya dulu ya.

    @Denfri
    Dulu saya pernah mengalami ini juga, ini biasanya terjadi karena saya upgrade driver AMD dari Windows Update. Bila pernah melakukan ini, coba di downgrade driver AMD-nya.
    Bila belum, coba komputer-nya di defrag serta lihat apakah ada banyak aplikasi yang berjalan di background.

  11. Makasih mas atas tanggapannya. Tapi aku belum pernah upgrade driver AMD. Selain itu di backgraund cuma ada antivirus, bluetoth dan window blinds. Apa mas doni sekarang ngalamin hal seperti aku juga? Atau aku justru perlu update driver AMD, tapi gimana caranya update driver AMD? Sorry banyak tanya, maklum newbie. Makasih

    Denfri
  12. Mas Doni dan teman – teman tolong beri tanggapan. udah 1 bulan lebih saya pakai ecer 4530 , sekarang wabcamnya udah ga berfungsi lagi/rusak. kalau kita jalankan webcamnya tertulis “camera not found”, terus kalau kita buka lewat usb cameranya juga ga bisa. itu yang pertama, terus saya pengen ubah ke vista, setelah instalasi vista selesai selanjutnya adalah instalasi driver acernya, tp pas driver vganya di instal layar langsung blue screen, terpaksa instal ulang lagi dan balik lagi ke xp. kalo ada yang tau mengatasi masalah ini tolong ya…..

    syarif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *